Kompas.com - 28/07/2020, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, mobil tua atau mobil lawas memiliki tempat tersendiri untuk beberapa konsumen otomotif. Penggemarnya pun meliputi berbagai lapisan, mulai dari kalangan tua hingga muda.

Bahkan untuk beberapa tipe dan jenis mobil tertentu, menjadi incaran para kolektor.

Seperti yang dikatakan pemilik showroom mobil lawas Kedai Built Up di Bekasi, Helmie, investasi tidak hanya pada emas, tetapi bisa juga dengan cara membeli mobil.

“Namun harus diperhatikan juga kondisinya ketika ingin membeli mobil. Sebab mobil tua dengan kondisi buruk bisa menghabiskan banyak dana.” ujar Helmie kepada Kompas.com.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan barang yang berkualitas diperlukan ketelitian dan kejelian agar tidak menyesal nantinya. Tidak kalah penting, terhindar dari usaha penipuan.

Baca juga: Perbedaan Ganti Rantai Bebek dan V-belt Matik

Berikut tips yang sudah Kompas.com rangkum sebelum memutuskan membeli mobil tua:

1. Tidak sedikit yang beranggapan bahwa lebih hemat dan praktis membeli mobil tua dengan mesin bagus, namun tidak terlalu memperhatikan bodi.

Anggapan tersebut kurang tepat, karena lebih ekonimis membeli mobil tua berbodi mulus tanpa cacat dan orisinal luar dalam.

Jadi sebaiknya pemilik kendaraan perhatikan kondisi luar dalam, baik eksterior, interior dan yang tak kalah penting kondisi mesin.

Buku BPKB dan STNKKOMPAS.com/SRI LESTARI Buku BPKB dan STNK

Baca juga: Punya Duit Rp 30 Jutaan, Bisa Dapat Mobil Lawas Ini

2. Perhatikan surat kelengkapannya. Selain STNK dan BPKB, harus dilengkapi boekpass (sertifikat kendaraan bermotor sebelum dikeluarkannya BPKB).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.