Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telusuri Penyebab Pemantik Api di Mobil Tak Berfungsi

Kompas.com - 21/07/2020, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lighter atau pemantik api rokok saat ini sudah banyak beralih fungsi menjadi power outlet. Di dalam kendaraan, ini menjadi fitur yang wajib ada karena biasanya digunakan untuk sarana mengisi ulang baterai ponsel atau gadget.

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, fungsi komponen tersebut kebanyakan bukan lagi jadi pemantik api rokok. Sebab, merokok tidak dianjurkan di kabin karena akan membuat ruang dan air conditioner (AC) menjadi bau.

“Maka dari itu, fungsi lighter sendiri sekarang sudah banyak beralih fungsi menjadi power outlet. Digunakan sebagai sumber tegangan saat kita ingin menggunakan alat elektronik di dalam kendaraan,” ujar Sapta saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mobil Murah Minum BBM Premium, Harus Lakukan Hal Ini

Ilustrasi Charge Handphone di MobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Charge Handphone di Mobil

Sapta melanjutkan, karena peran power outlet yang sangat dibutuhkan, maka ketika fitur ini rusak, tentu akan jadi hal yang menjengkelkan.

Baca juga: Ingat Ganti Lampu Mobil Ada Aturannya

“Tidak berfungsinya lighter bisa disebabkan dari banyak faktor. Bisa karena lighter itu sendiri yang rusak atau dari sumber arus yang masuk ke sistem terputus. Jika begitu, langsung ganti sekring CIG (biasanya pada Avanza dan Innova) dalam rumah sekring,” katanya.

Apabila permasalahannya lebih dari itu, Sapta menyarankan kepada pemilik kendaraan agar sebaiknya segera melakukan pengecekan di bengkel resmi.

“Bisa juga di bengkel langganan yang sudah tepercaya. Apabila salah, bisa mengakibatkan short circuit sistem kelistrikan kendaraan. Selain itu, perlu juga dicek keaslian part yang diganti,” ucap Sapta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com