Carry Pikap Dongkrak Penjualan Suzuki di Pertengahan 2020

Kompas.com - 21/07/2020, 08:02 WIB
New Suzuki Carry Pick Up Kompas.com/Setyo AdiNew Suzuki Carry Pick Up
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan kegiatan masyarakat yang mulai kembali beraktivitas menuju era kenormalan baru, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatatkan peningkatan pada pangsa pasar pada Juni 2020.

Donny Saputra, 4W Direktur Pemasaran PT SIS, mengatakan rencana konsumen untuk membeli mobil yang sempat tertunda akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB), kini bisa teralisasi ditambah dukungan dari Suzuki Finance yang memberikan kontribusi meningkatkan pangsa pasar di industri otomotif nasional.

"Sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih. Selain itu, penggunaan mobil pribadi juga jadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19. Hal ini yang mendorong pangsa pasar kami secara ritel naik dari 12,9 persen di Mei menjadi 14,1 persen di Juni," ucap Donny dalam keterangan resminya, Senin (20/7/2020).

Baca juga: 7 Jenis Pelat Nomor yang Bakal Ditilang Polisi di Jalan

Seperti biasa, New Carry pikap masih menjadi tulang punggung utama penjualan ritel Suzuki dengan kontribusi 56,8 persen. Posisi kedua ditempati sport utility vehicle (SUV) murahnya, XL7, dengan jumlah 13,5 persen.

 Suzuki XL7 BIMS 2020                      penggym Suzuki XL7 BIMS 2020

Untuk MPV murah, yakni Ertiga, juga ikut memberikan kontirbusi positif sebesar 12,1 persen. Setelah itu, diikuti model-model lain, seperti SX4 S-Cross, Baleno Hatchback, Jimny, dan Ignis facelift sebesar 10 persen di pertangahan 2020.

Meningkatnya penjualan Carry pikap memberikan sinyal pada masa transisi penggunaan kendaraan komersial mengalami kenaikan. Bahkan melebihi penggunaan kendaraan penumpang.

Kondisi tersebut menurut Donny imbas banyak munculnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang membutuhkan kendaraan operasional. Selain itu juga kegiatan logistik dan pengiriman yang meningkat serta dukungan perusahaan pembiayaan.

Baca juga: Datang ke Thailand, Banderol Suzuki XL7 Tembus Rp 360 Juta

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

"Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi, hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi. Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti XL7," ujar Donny

"Terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih produk Suzuki selama 50 tahun. Kami akan terus mendampingi masyarakat dengan menyediakan mobil berkualitas yang sesuai kebutuhan," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X