Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlaga di F2 Austria, Sean Gelael Start dari Posisi 17

Kompas.com - 04/07/2020, 11:41 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Tanah Air yang berlaga di ajang Formula 2 (F2), Sean Gelael, berhasil menuntaskan sesi latihan dan babak kualifikasi F2 Austria di lintasan Red Bull Ring dengan dua hasil berbeda.

Pada sesi free practice, Jumat (3/7/2002), Sean berhasil masuk ke posisi 10 besar, tepatnya pada urutan kesembilan. Namun ketika berlaga pada babak kualifikasi, dia harus pasrah menempati posisi 17 lantaran mengalami masalah teknis.

Berdasarkan hasil tersebut, otomatis memaksa Sean yang bergabung dengan tim DAMS, untuk memulai start dari urutan ke 17 pada laga yang akan dihelat Sabtu (4/7/2020) malam ini.

Baca juga: Sean Gelael Balapan Lagi di Formula 2

Kendala teknis yang dihadapi diklaim karena masalah sistem elektronik. Untuk mengatasinya, DAMS pun berencana untuk mengganti steering wheel berserta seluruh perangkat elektronik yang bermasalah.

Sean Gelael siap balapan Formula 2 di musim 2020Istimewa Sean Gelael siap balapan Formula 2 di musim 2020

Francois Sicard, Team Principal DAMS, mengatakan usai masalah pada sesi latihan, pihaknya mengganti dua onderdil, yakni pompa hidrolis dan PDU (power delivery unit) untuk membuat aliran intercooler lebih lancar. Namun, ternyata masalah tetap terjadi di sesi kualifikasi.

"Kami harus mencari tahu masalah yang sebenarnya. Ini benar-benar pukulan buat kami karena selama empat tahun mobil kami tidak pernah mengalami masalah, terutama di sesi kualifikasi. Ini sangat mengecewakan bagi Sean dan tim," ucap Sicard dalam keterangan resminya, Sabut (4/7/2020).

Sementara soal rencana taktik serta strategi apa yang akan dipakai ketika lomba dimulai, Sean dan DAMS belum bisa memastikannya. Tapi yang terpenting adalah mencari kemungkinan dapat clear air (kondisi sepi).

Baca juga: Sean Gelael Catat Hasil Bagus Tes Pramusim Formula 2 Bahrain

Taktik prime-option (ban keras-lunak) atau sebaliknya masih akan dikalkulasi. Strategi masuk pit belakangan tersebut bisa jadi sama baiknya dengan option-prime yang masuk pit lebih dulu.

Sean GelaelFoto: Istimewa Sean Gelael

"Setelan mobil kami yang menyebabkan pemanasan ban lebih lama dari biasanya harus jadi pertimbangan. Kami tak boleh salah melakukan kalkulasi, karena ban kami butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan grip," kata Sean

Hasil kualifikasi memihak pada pebalap asal China, Guanyu Zhou, yang sukses menempati pole position bersama tim Uni-Virtuosi Racing. Sementara rekan satu tim Sean, Dan Ticktum, berada di posisi Sean saat latihan, yakni sembilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com