Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Kembalikan Warna Putih Mobil yang Sudah Menguning?

Kompas.com - 24/06/2020, 16:04 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain warna hitam dan silver, kendaraan dengan warna putih kerap menjadi salah satu yang favorit bagi konsumen otomotif.

Meski demikian, ada konsekuensi yang harus ditanggung oleh pemilik kendaraan yang memilih mobil dengan warna tersebut.

Sebab, warna putih memiliki karakter yang sangat berbeda dengan warna lainnya. Sehingga ada kecenderungan warnanya bisa menguning.

Baca juga: Baru Pertama Belajar Mobil, Haruskah dengan Transmisi Manual?

CEO Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian, mengatakan, warna putih memang dinilai lebih sensitif dan memiliki pigmen yang lebih berat dibanding warna lainnya.

Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.com Lajur paling kiri yang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor dijadikan tempat parkir mobil di Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (24/1/2018).

Dalam jangka panjang pigmen tersebut akan masuk masuk atau meresap ke lapisan bawah cat, sementara campuran yang lain akan naik ke permukaan.

“Sehingga akan timbul efek menguning,” ujar Christopher saat dihubungi Kompas.com, Rabu (24/6/2020)

Baca juga: Mengapa Rem Tangan Mobil Kurang Pakem?

Gejala tersebut umumnya timbul pada kendaraan yang sudah berumur lebih dari tiga tahun. Tetapi bila pemilik mobil melakukan perawatan dengan baik, maka masalah tersebut bisa tidak cepat datang.

“Hal ini terjadi karena mobil sering parkir di bawah terik matahari atau sering cuci mobil saat mobil kondisi msh panas bodi nya,” lanjut Christopher.

Lantas, jika ini sudah terjadi adakah solusinya untuk mengembalikan warna cat putih pada mobil yang sudah menguning?

“Solusinya bisa dibawa ke bengkel salon mobil dan diberikan obat detailing khusus agar warna mobil kembali putih seperti semula,” kata Christopher.

"Untuk kisaran harganya beragam kisaran Rp 1 juta - Rp 2 juta, tergantung besar kecil mobil," tambah Christopher lagi.

Tetapi jika sudah parah harus dilakukan cat ulang, karena bukan hanya di permukaan saja. Tetapi bagian dalam lapisan cat juga. Mau tidak mau harus lakukan cat ulang dengan standar warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com