Mengapa Rem Tangan Mobil Kurang Pakem?

Kompas.com - 24/06/2020, 11:22 WIB
Penyebab utama tali rem tangan putus Stanly/OtomaniaPenyebab utama tali rem tangan putus

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan kondisi rem tangan yang prima menjadi keharusan bagi setiap pemilik kendaraan.

Mengingat fungsinya yang cukup krusial yaitu ketika mobil parkir, atau hendak berhenti di jalan menanjak atau menurun.

Jika kondisi rem tangan tidak prima atau tidak pakem, maka mobil bisa berpotensi menabrak objek atau kendaraan lainnya.

Rem tangan yang sudah tidak maksimal bisa disebabkan oleh beberapa hal. 

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan, salah satu penyebab rem tangan rem yang kurang pakem biasanya karena setelan pada brake shoe.

Baca juga: Ingat, Dilarang Merokok Saat Berkendara

“Bisa jadi karena setelah brake shoe-nya kurang turun, ini bisa dilihat juga dari tuas transmisinya yang menjadi saat tinggi saat posisi rem tangan aktif,” ujar Bambang kepada Kompas.com.

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Bambang melanjutkan, untuk mengatasi kondisi ini bisa dilakukan dengan menyetel brake shoe melalui setelan pada tombol atau tuas rem tangan.

Baca juga: Karoseri Bus Sulit Berinovasi dengan Kebijakan Pembatasan Penumpang

“Setelannya harus diturunkan, bisa melalui adjuster yang ada di komponen tromol rem atau dibagian bawah tuas rem tangannya. Sebaiknya ini dilakukan dibengkel resmi, oleh mekanik yang benar-benar paham,” katanya.

Sementara itu, Dealer Techncial Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, menambahkan, kampas rem yang menipis juga bisa menjadi penyebab rem tangan tidak pakem.

Kampas rem pada rem tangan biasanya bertahan hingga lebih dari 5 tahun, namun tidak final karena kembali ke kondisi masing-masing. Maka dari itu pemilik mobil sebaiknya memeriksakan kondisinya terlebih dahulu,” ujar Didi.

Tidak lupa Didi juga mengingatkan kepada pemilik mobil untuk rutin melakukan pengecekan pada bagian rem setiap setiap 10.000 km dibengekel resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.