Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Justru Pengemudi Berpengalaman Kerap Terlibat Kecelakaan Fatal?

Kompas.com - 05/06/2020, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudi memang keterampilan yang bisa dilatih. Seiring berjalannya waktu, kemampuan mengemudi seharusnya terus meningkat, namun kecelakaan yang fatal justru lebih sering disebabkan oleh pengemudi yang berpengalaman ketimbang pemula.

Memang pengemudi pemula lebih berpotensi sering terlibat kecelakaan, namun ringan. Sedangkan, pengemudi yang sudah berpengalaman, sekali terlibat kecelakaan, bisa berakibat fatal.

Mengapa bisa begitu?

Sony Susmana, Training Director Safet Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, pengemudi yang berpengalaman ketika kecelakaan lebih fatal akibatnya.

Baca juga: PSBB Kembali Diperpanjang, Simak Aturan Berkendara di Jakarta

Ilustrasi kecelakaan mobil terbalik.SHUTTERSTOCK Ilustrasi kecelakaan mobil terbalik.

“Ketika pengemudi pemula atau tidak berpengalaman, mengemudinya relatif pelan, risiko nabrak tetap ada, namun tidak fatal. Berbeda dengan yang sudah berpengalaman, biasanya lebih berani dan percaya diri,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Pengemudi yang berpengalaman lebih berani memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. Sehingga benturan dan jenis kecelakaannya lebih fatal. Pengemudi berpengalaman bukan berarti lebih baik hard dan soft skill mengemudinya.

Baca juga: Menghindari Antrean Panjang, Urus SIM Terapkan First In First Out

Hard skill berarti operasional yang benar saat kendaraan terkontrol maupun lepas kendali. Soft skill sendiri artinya kemampuan dasar pengemudi dalam melihat dan mengambil keputusan yang tepat saat mengemudi,” ucap Sony.

Sony menambahkan, perlu dibedakan antara pengemudi berkompetensi dan berpengalaman. Pengemudi berkompetensi menguasai hard skill, soft skill, dan jam terbang. Sedangkan pengemudi berpengalaman belum tentu menguasai tiga hal tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com