Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beragam Kesalahan Newbie Saat Mengemudi Mobil

Kompas.com - 11/05/2020, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit masyarakat yang lebih memilih mengendarai mobil pribadi, karena tingginya tingkat mobilitas sehari-hari.

Namun perlu di ingat, menyetir mobil di jalan raya memerlukan ketangkasan alias skill tinggi, terutama bagi mereka yang memilih untuk berkendara dengan mobil manual.

Melakukan sejumlah kesalahan seakan menjadi hal yang lazim bagi pengemudi newbie alias pemula. Tetapi, ada hal yang harus diperhatikan agar tidak mengakibatkan kesalahan yang fatal.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan, kesalahan newbie saat mengemudi adalah kurangnya pemahaman tentang kendaraan dan operasional.

Baca juga: Sayang Anak, Ini Posisi Duduk yang Aman untuk Anak Ketika di Mobil

Pengemudi pemula biasanya melakukan injak pedal tidak smooth, sering selip pedal gas dan kopling. Sehingga kendaraan bergerak tersendat bahkan terkadang responsnya lama. Dan yang paling berbahaya saat melakukan pengereman, sering tiba-tiba atau mendadak,” ujar Sony kepada Kompas.com.

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

Tidak hanya itu, pengemudi pemula juga dinilai kurang sensitif dalam membaca RPM. Hal ini membuat perpindahan gear di RPM menjadi tinggi atau tidak konsisten.

Baca juga: Child Lock, Fitur Penting Saat Berkendara dengan Anak

Menurut Sony, kesalahan yang paling awam dilakukan oleh pengemudi pemula adalah reference point kendaraan dan ruang imaginer di depan jalan yang belum akurat, sehingga sering menyerempet sesuatu yang ada di dekat mobil.

“Hal tersebut bisa disebabkan oleh kondisi jalan raya sangat berbeda dengan track saat latihan, jadi ketika dihadapkan dengan kondisi tersebut tidak sedikit yang merasa panik. Hal ini otomatis akan membuat si pengemudi mudah melakukan kesalahan,” ujarnya.

Sony juga berpesan, pengemudi pemula sebaiknya tidak menyepelekan fungsi safety belt, dan harus selalu menggunakannya saat berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com