Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada Pencurian di SPBU, Isi Bensin Jangan Lupa Kunci Pintu Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Aksi pencurian biasanya terjadi saat Anda sedang lengah dan tidak waspada dengan kondisi di sekitar. Kondisi ini dapat menimpa siapa saja, termasuk pengendara mobil.

Salah satunya seperti yang terekam dalam unggahan akun Instagram @seputarcinere, di sana terlihat pencuri yang mengambil barang dari dalam mobil Honda CR-V warna silver.

Digambarkan pemilik mobil tengah berhenti di salah satu dispenser SPBU Pertamina di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, sekitar Maret 2020.

Dengan cepat pencuri yang dari tadi sudah memperhatikan, segera mengambil barang di dalam mobil, dan melarikan diri bersama rekannya yang menunggu di atas motor.

Training Director The Read Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, menanggapi kejadian ini.

Menurutnya, pemilik kendaraan jangan sekali-kali meninggalkan mobil dalam keadaan tidak terkunci, walau hanya sebentar. Pasalnya tindak kejahatan terjadi karena ada kesempatan.

“Agar bisa terhindar dari kejahatan seperti di video, selalu pastikan saat keluar kendaraan wajib untuk mengunci pintu kendaraan,” ujar Marcell, kepada Kompas.com (30/4/2020).

Senada dengan hal tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, mengunci mobil saat mengisi BBM di SPBU jadi langkah antisipasi mencegah pencurian.

“Prinsipnya jangan pernah merasa aman, sekalipun lokasinya terang, ramai, dan berada di tempat umum,” ucap Sony, saat dihubungi dalam kesempatan yang sama.

Lokasi kejadian SPBU tersebut relatif dekat dengan Polsek Cinere, meskipun tak menghalangi niat pencuri untuk melakukan kejahatan.

“Lihat dan selalu kontrol lingkungan di sekitar kendaraan setiap saat, waspada hal-hal yang mungkin terjadi. Tidak hanya pencurian, tapi juga kebakaran,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/01/030200215/waspada-pencurian-di-spbu-isi-bensin-jangan-lupa-kunci-pintu-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke