Samsat Keliling di Solo Tetap Beroperasi Normal

Kompas.com - 24/03/2020, 11:12 WIB
Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019 KOMPAS.com / Aditya MaulanaBayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) Kota Solo tetap memberikan pelayanan seperti biasa di tengah penyebaran virus corona atau covid-19.

Bahkan, pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat keliling tetap berjalan seperti biasanya.

Kasi Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB) Unit Pengelola Pendapatan Daerah ( UPPD) Samsat Solo, Nurma Riyanti mengatakan, perubahan pelayanan administrasi kendaraan hanya pada jam kerja saja.

Semula berakhir pada pukul 14.00 WIB menjadi pukul 12.30 WIB untuk hari Senin - Kamis.

Sedangkan untuk hari Jumat hanya sampai pukul 11.00 WIB dan pelayanan di hari Sabtu hanya sampai pukul 11.30 WIB.

Baca juga: Tidak Perlu ke Samsat, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

“Itu untuk pendaftaran yang dilayani di kantor Samsat, kalau untuk prosesnya juga dilakukan sampai selesai,” kata Nurma kepada Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Bapenda Provinsi Jawa Tengah mendorong para wajib pajak untuk memanfaatkan aplikasi Sakpole saat membayar pajak kendaraanistimewa Bapenda Provinsi Jawa Tengah mendorong para wajib pajak untuk memanfaatkan aplikasi Sakpole saat membayar pajak kendaraan

Nurma menambahkan, selain pelayanan di kantor Samsat pemilik kendaraan juga masih bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan di Samsat keliling yang sudah terjadwal.

“Ada enam titik lokasi Samsat keliling (menggunakan bus) di Solo yang beroperasi normal dan berpindah-pindah sesuai jadwal pelayanan,” ujarnya.

Kemudian, untuk semakin mempermudah pelayanan Samsat Solo juga menghadirkan pembayaran pajak di Samsat keliling yang menggunakan mobil Hiace.

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Corona, Bayar Pajak Kendaraan Bisa Online

“Untuk Samsat keliling menggunakan mobil Hiace juga ada enam titik dan berpindah-pindah. Kemudian, di Pasar Kliwon juga ada satu gerai, lalu di Robinson juga masih beroperasi seperti biasa,” ucapnya.

Nurma mengatakan, untuk pembayaran pajak keliling maupun di Robinson ada sedikit perubahan jam pelayanan.

Para wajib pajak memadati kantor Samsat Jakarta Timur untuk membayar pajak kendaraanbermotor (PKB), Jumat (14/12/2018). Penghapusan denda untuk pajak kendaraan yang tertunggak akan berakhir besok.KOMPAS.com/Ryana Aryadita Para wajib pajak memadati kantor Samsat Jakarta Timur untuk membayar pajak kendaraanbermotor (PKB), Jumat (14/12/2018). Penghapusan denda untuk pajak kendaraan yang tertunggak akan berakhir besok.

“Untuk pelayanan di Samsat keliling harus tutup 30 menit lebih awal dari kantor Samsat, ini karena butuh perjalanan untuk sampai ke kantor Samsat. Kalau yang di Robinson dibuka mulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB,” katanya.

Ditanya jumlah pemilik kendaraan yang melakukan pajak kendaraan sejak merebaknya virus corona, Nurma mengatakan, ada sedikit penurunan, yakni sekitar 2 persen.

Baca juga: Warga Jateng Bisa Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Begini Caranya

“Ada penurunan tapi tidak banyak, dalam sehari di kantor Samsat melayani antara 500 sampai 600 obyek, sekarang menurun dua persen. Kalau yang di Samsat keliling rata-rata 150 obyek,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X