Cara Sederhana Bikin Tampilan Motor Terlihat Retro

Kompas.com - 14/03/2020, 10:38 WIB
lis ban putih Kompas.com/Fathan Radityasanilis ban putih

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak bagian sepeda motor yang bisa dimodifikasi, salah satunya ban. Mengganti ban bisa meningkatkan tampilan, terutama menjadi gaya retro atau klasik.

Salah satu gaya retro yang biasa dilakukan, yakni memasang dinding warna putih (white wall). Kini banyak bengkel atau toko aksesori menjual lis putih itu.

Sammy Rangkuti, pemilik dari bengkel modifikasi motor di Bogor, mengatakan, lis ban ini terbuat dari karet dan bisa dipasang ke ban dengan ukuran 10, 14, 17, dan 18 inci.

Baca juga: Ada Tes Psikologi, Bagaimana Nasib SIM Keliling?

modifikasi ban motorKompas.com/Fathan Radityasani modifikasi ban motor

“Proses pemasangannya yaitu dipress dengan ban, jadi tidak menggunakan lem. Caranya ban dan pelek harus dicopot dulu, lalu lisnya di pasang dan isi lagi tekanan udaranya,” kata Sammy kepada Kompas.com, Jumat (13/3/2020).

Menurut dia, pemasangannya juga harus dilakukan oleh orang yang sudah biasa, agar hasilnya pas. Apabila tidak presisi, maka bisa bergelombang, jadi hasilnya kurang bagus. Untuk masa pakainya tidak terlalu lama, apalagi jika sering terkena hujan dan panas.

“Masa pakainya bisa enam bulanan. Kalau dipakai harian, terkena hujan dan panas, karetnya bisa getas, jadi masa pakainya lebih cepat lagi,” ucap Sammy.

Untuk harganya, masih bisa didapatkan di bawah Rp 100.000 untuk satu motor, jadi masih ekonomis. Rinciannya, untuk pelek 17 inci Rp 65.000 dan untuk ukuran lainnya Rp 75.000.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X