Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Pembilasan Oli pada Motor yang Terendam Banjir

Kompas.com - 03/01/2020, 19:23 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir di sebagian wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya banyak menimpa harta benda termasuk sepeda motor. Untuk motor yang terendam banjir baiknya cepat mengganti oli mesin.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, usai terendam segera periksa kondisi mesin, jangan sampai oli mesin lama bercampur dengan air.

"Jika kurang paham dalam melakukan pengecekan tersebut, dan untuk mengecek hal itu maka sebaiknya konsumen melakukan pengecekan di bengkel resmi," kata Herman kepada Kompas.com, Jumat (3/1/2020).

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Sepeda Motor yang Terendam Banjir

Herman mengatakan, oli yang tercampur air akan membuat mesin tidak sehat. Jika dibiarkan dalam waktu lama, komponen di dalam mesin akan rusak dan membuat mesin ''rontok'', akhirnya biaya yang dikeluarkan jadi makin besar.

Ganti oli motorShutterstock Ganti oli motor

Adapun jika ingin melakukan pergantian sendiri tetap bisa dilakukan asalkan benar-benar besih. Oli lama dibuang dan dilakukan pembilasan agar oli lama yang tercampur air bisa hilang dari mesin.

Ex Coordinator Product Development Specialist Pertamina Lubricants, Mia Krishna Anggraini, menerangkan, untuk pembilasan pelumas pada motor pada prinsipnya sama dengan pembilasan mesin lain.

Baca juga: Tips Menerjang Banjir, Matikan Mesin Jika Mulai Terasa Pincang

"Oli lama dikeluarkan kemudian tuangkan oli baru sesuai jenis yang akan digunakan. Nyalakan mesin sebentar dan buang oli pembilas. Barulah tuang oli baru sebanyak yang ditentukan," katanya.

Mia menerangkan, oli lama dikeringkan dan kemudian tuangkan pelumas baru sesuai yang akan digunakan. Dalam kondisi normal diharapkan masih ada efek sirkulasi dan kontaminan di mesin dalam keadaan relatif homogen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com