Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Arus Balik Terjadi Hari Ini, Tol Japek Bertahan Two Way

Kompas.com - 24/12/2019, 06:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperkirakan arus balik libur Natal 2019 akan terjadi mulai Selasa, 24 Desember 2019.

Hal ini sejalan dengan jadwal libur karyawan yang akan habis pada Kamis (26/12/2019) mendatang. Diperkirakan, arus balik berlangsung lebih-kurang sepekan.

"Situasi arus lalu lintas dari Cikampek baik menuju Cipali maupun Cipularang cukup lancar. Ini sudah selesai puncak arus mudiknya, kita tinggal menunggu arus balik yang diprediksi akan berlangsung besok," kata Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri, Kombes Pol Benjamin, di keterangan resminya, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Terlalu Padat, Akses Tol Layang Jakarta-Cikampek Akan Dibatasi

Sistem contraflow mulai diterapkan di Cikampek Sistem contraflow mulai diterapkan di Cikampek

Adapun jumlah kendaraan yang akan melintas, disebut tidak jauh berbeda dengan perkiraan jumlah arus mudik kemarin yang dinyatakan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Yaitu, sekitar 245.000 kendaraan untuk Bandung-Jakarta dan 233.000 kendaraan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Guna menjaga kenyamanan dan keamanan jalan, lanjut Benjamin, pihaknya akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas di ruas Tol Cikampek.

"Jika memungkinkan, kita lakukan contraflow khususnya pada kilometer 66 karena ada pertemuan yang cukup besar. Kalau untuk one way, sepertinya tidak," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com