Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Tentu Memanfaatkan Hengkangnya Datsun dari Indonesia

Kompas.com - 07/12/2019, 14:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Datsun resmi menyatakan akan menyudahi penjualannya di Indonesia. Berkurang satu lagi pilihan "mobil murah" untuk masyarakat. Meski demikian, hal tersebut rupanya menjadi kesempatan untuk Daihatsu memanfaatkan peluang.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, mundurnya Datsun dari persaingan pasar otomotif di Indonesia cukup disayangkan.

Baca juga: Dua Model Jadi Andalan Daihatsu Rayu Konsumen Milenial

"Sebab, kami sih prinsipnya semakin banyak pilihan di pasar, akan semakin baik untuk konsumen. Kita akan lebih senang lagi kalau kita yang paling kuat atau jadi market leader," ujar Hendrayadi, di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Daihatsu luncurkan Sigra 2019Gilang Satria/Kompas.com Daihatsu luncurkan Sigra 2019

Mundurnya Datsun, berarti berkurang satu kompetitor di segmen LCGC (Low Cost Green Car). Namun demikian, hal tersebut, menurut Hendrayadi, tidak akan membuat market di segmen tersebut menjadi turun.

"Belum tentu juga, kan bisa diisi sama yang lain. Kesempatan buat Daihatsu dong masuk," kata Hendrayadi.

Baca juga: Jelang Kenaikan Pajak BBNKB, Daihatsu Siap Kerek Harga Mobil

Hendra menambahkan, tahun ini bukan hanya segmen LCGC saja yang turun, melainkan semua segmen. Untuk tipe hatchback dan MPV pun juga mengalami penurunan.

Bagi Daihatsu, segmen LCGC merupakan segmen yang paling penting. Sebut saja Sigra yang belum lama ini mengalami penyegaran. Hendrayadi mengatakan, model ini yang memberikan kontribusi terbesar di Daihatsu.

"Sigra itu kontribusinya di Daihatsu 29 persen. Jadi, memang kontributor terbesar di Daihatsu itu Sigra. Jadi, itu adalah backbone kita untuk saat ini," ujar Hendrayadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com