Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Chevrolet, Ini 3 Merek Mobil yang Sudah Hengkang dari Indonesia

Kompas.com - 29/10/2019, 07:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – General Motors yang menjual merek Chevrolet di Indonesia telah menyatakan untuk menghentikan penjualannya pada akhir Maret 2020. Chevrolet menyusul langkah pabrikan Ford yang lebih dulu pergi dari Indonesia sejak 2016.

Dalam keterangan resminya, President GM Asia Tenggara Hector Villareal mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah melalui pertimbangan menyeluruh dari berbagai rencana bisnis yang memungkinkan untuk GM Indonesia pada masa depan.

“Di Indonesia, kami tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungn bisnis berkesinambungan,” ujarnya, Senin (28/10/2019).

Baca juga: General Motors Hentikan Penjualan di Indonesia

SUV atas Infiniti QX80 meluncur di Jakarta, Rabu (7/10/2015). Harganya Rp 2,599 milar. Febri Ardani/KompasOtomotif SUV atas Infiniti QX80 meluncur di Jakarta, Rabu (7/10/2015). Harganya Rp 2,599 milar.

Chevrolet bukan merek pertama yang harus menyerah dan menutup seluruh jaringannya di Indonesia. Sebelum Chevy, ada 3 merek ternama yang melakukan hal sama. Simak rangkumannya berikut ini.

1. Infiniti

Infiniti yang dikelola langsung oleh Nissan jadi salah satu pabrikan yang harus menghentikan penjualannya di Indonesia pada pertengahan 2018.

Kompas.com sebelumnya pernah melaporkan, Infiniti memasarkan produknya mulai tahun 2011 dan terkenal sebagai produsen mobil-mobil premium.

Catatan penjualan terbaiknya pernah mencapai 16 unit dalam setahun, tepatnya pada 2013. Namun raihan itu terus menurun dari waktu ke waktu, bahkan pada 2017 dan 2018, Infiniti tak menjual satu unit mobil pun.

Baca juga: Sejarah Singkat Ford di Indonesia

Ford Fiesta EcoBoost 1.0 L di Pantai Pandawa, Uluwatu, Bali.Azwar Ferdian/KompasOtomotif Ford Fiesta EcoBoost 1.0 L di Pantai Pandawa, Uluwatu, Bali.

2. Ford

Sejak tahun 2000, PT Ford Motor Indonesia telah berdiri dan mendapat hak sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Tanah Air.

Ford mulai dikenal masyarakat Indonesia sebagai produsen kendaraan tangguh seperti Ranger dan Everest, yang dipakai di tiap daerah. Ford juga membuka sejumlah diler 3S (Sales, Service, dan Spare Part) di beberapa kota besar.

Dari tahun ke tahun, jajaran produk Ford makin lengkap dengan Focus, Escape, hingga Fiesta dan Ecosport. Sayangnya menurut laporan Kompas.com sebelumnya, Ford harus hengkang dari Indonesia karena keputusan bisnis dari prinsipal.

Baca juga: Umur Pendek Subaru di Indonesia, Merek Ikonik yang Kena Kasus Pajak

Ilustrasi Subaru Forester 2.0 2012autoevolution.com Ilustrasi Subaru Forester 2.0 2012

3. Subaru

Subaru terkenal sebagai produsen mobil berpenggerak 4WD dan mengusung mesin boxer. Model-model seperti Forester, Tribeca, Outback, Exiga, BRZ, XV, Impreza pernah dijual di Indonesia.

Kompas.com mencatat, merek Subaru yang dipasarkan oleh PT Motor Image Indonesia (MII), mulai dihentikan penjualannya sejak 2015.

Sebelumnya PT MII diaudit oleh Dirjen Bea dan Cukai pada 2014, hasilnya terungkap masalah pelanggaran pajak untuk aktivitas impor pada 2013.

Penjualan mobil-mobil Subaru terpaksa dihentikan, karena ATPM-nya tidak mau membayar pajak kendaraan. Akibatnya aset di tujuh lokasi yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Batam, Malang, Surabaya, Denpasar, dan Tangerang disita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com