Sejarah Singkat Ford di Indonesia

Kompas.com - 26/01/2016, 08:21 WIB
Peluncuran Ford Everest di pameran nasional Stanly/OtomaniaPeluncuran Ford Everest di pameran nasional
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Ford merupakan merek mobil asal Amerika Serikat (AS) yang sudah dikenal di seluruh dunia. Di pasar otomotif nasional, Ford juga bukan pemain baru, sebab namanya sudah akrab didengar sejak 1950-an.

Sontak, keputusan PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengakhiri segala aktivitasnya di Indonesia membuat sejumlah kalangan merasa kaget dan sedih. Sebab, dari segi penjualan, Ford di Indonesia tidak terlalu jelek. Tahun lalu saja berhasil menjual 4.986 unit.

Nah, bagi Anda yang belum tahu sejarah Ford di Indonesia, berikut ini pemaparannya:

PT Ford Motor Indonesia (FMI) telah didirikan pada 12 Juli 2000 dan telah mendapatkan hak sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia. Mulai 2001, FMI mulai mendistribusikan mobil-mobil Ford di Tanah Air.

Stanly/Otomania Peluncurnan all new Ford Ranger

Menginjak 2002, FMI berhasil menjadi sorotan masyarakat Indonesia, karena berhasil meluncurkan Ford Ranger dan membuka diler 3S (Sales, Service dan Sparepart) pertama di Indonesia, tempatnya di Jakarta Selatan. 2003, FMI meluncurkan New Ranger dan September 2003 Everest juga diluncurkan.

Masuk 2005, tepatnya Juli, FMI meluncurkan Focus. Satu sahun setelahnya meluncurkan Escape Sporty dan Focus 2.0-liter.

Genap di 2010, FMI melakukan ubahan pada Everest dan meluncurkan hatchback Fiesta, tepatnya 23 Juli 2010. Focus juga mengalami ubahan sedikit. Pada 2011, FMI kembali meluncurkan Ranger model terbaru.

-

Selang satu tahun, FMI mulai meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) bawah EcoSport dan di 2013 FMI mulai menghadirkan mesin 3 silinder terbaik dunia dan Ecoboost 1.0-liter di 2014.

Tahun lalu, FMI juga banyak meluncurkan produk baru, seperti New Ranger, New Focus dan All New Everest. Penjualannya juga sepanjang 2015 terbilang cukup baik, yakni dengan perolehan angka 4.986 unit secara wholesales (dari pabrik ke diler).

Di awal 2016 ini, FMI harus menelan pil pahit. Tepat pada Senin (25/1/2016), FMI mengumumkan untuk menghentikan operasinya di Indonesia yang dimulai pada paruh kedua tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X