Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeffrey Polnaja Raih Penghargaan Rekor Otomotif Indonesia

Kompas.com - 28/10/2019, 18:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekor Otomotif Indonesia (ROI) memberikan penghargaan kepada Jeffrey Polnaja, sebagai orang Indonesia yang berhasil mengelilingi dunia mengendarai sepeda motor sejauh 420.000 km.

Penghargaan "Penjelajah Motor Indonesia dengan Jarak Tempuh Terjauh 420.000 Kilometer" ini merupakan yang kedua diterima oleh Kang JJ, panggilannya. Pada 2008 silam, dia juga menerima serupa yang  diberikan oleh Asosiasi Motor Indonesia (IMI).

Baca juga: Pilihan Moge Murah 400 cc, Harga Mulai Rp 70 Jutaan

Jeffrey PolnajaKOMPAS.com/Gilang Jeffrey Polnaja

"ROI sangat menghargai upaya Jeffrey Polnaja, melalui cara yang unik yaitu touring seorang diri dan berhasil mencapai jarak terjauh lintas 4 benua dan 97 negara di dunia," kata Tomi Gunawan, pendiri ROI dalam keterangan resmi.

Kang JJ lahir di Bandung, dan adalah penggemar olahraga luar ruang sejak usia dini. Pada tahun 1978 ia memulai perjalanan solo mengendarai s Honda CB100 dari Bandung melintasi Jawa ke Bali.

Pada 1989  Kang JJ bergabung dengan klub berkuda "Bala Turangga." Di sini dia berhasil memenangkan beberapa trofi kejuaraan nasional. Spesialisasinya adalah pertunjukan lompat.

Baca juga: Pabrik KTM di Indonesia Siap Beroperasi Akhir 2019

Jeffrey PolnajaKOMPAS.com/Gilang Jeffrey Polnaja

Pada 23 April 2006 ia memulai perjalanan dari Jakarta, Indonesia untuk berkeliling dunia dengan BMW R1150GS. Dia melintasi Asia, Afrika Utara dan Eropa. Pada tahun 2008 dia kembali ke Indonesia.

Pada 2011 Kang JJ kembali ke Eropa melanjutkan perjalanannya. Dia mulai dari Paris, berjalan melintasi Siberia, menyeberang ke Amerika terus ke Selatan. Lanjut ke Australia dan kembali ke Indonesia pada September 2015.

Sejauh ini dia telah menerbitkan dua buku, pertama yaitu "Ride For Peace" yang mencatat perjalanannya dan buku kedua yaitu Wind Rider pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com