Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya "Water Repellent" dan "Waterproof" di Jaket Biker

Kompas.com - 18/03/2018, 19:05 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Memilih jaket anti-air penting buat biker, sebab hujan adalah musuh alami di jalan. Ada banyak aplikasi anti-air di jaket yang beredar di pasaran, salah satunya adalah water repellent.

Water repellent merupakan kain bahan tekstil yang punya sifat hidropobik alias menolak air. Meski begitu pada proses pembuatannya zat-zat yang digunakan bukan permanen, sebab itu khasiat water repellent  menolak air tidak selamanya.

Erna, Product Research merek apparel lokal Inventzo menjelaskan water repellent pada jaketbiker berbeda dengan waterproof. Teknik pengaplikasian keduanya berbeda dan hal itu berpengaruh pada harga jual di pasaran.

Baca: ?Apparel? Lokal Baru, Harga Jauh Murah Ketimbang Merek Asing

Water repellent dijelaskan umumnya merupakan bahan yang dipakai dibagian luar jaket, sedangkan waterproof ada di bagian dalam jaket yang menempel langsung ke badan biker. Erna menjelaskan biasanya membuat lapisan luar jaket menjadi water repellent sudah dilakukan dari pabrik melalui cara semprot.

Sedangkan bahan waterproof bisa disesuaikan keinginan produsen/penjual. Ada banyak jenis lapisan waterproof, di antaranya polyurethane coating atau milky coating. Biasanya, semakin banyak jenis waterproof  yang dipakai harga jaket semakin mahal.

“Biasanya kalau water repellent itu cuma tambahan, kalau jaket waterproof memang materialnya anti-air. Water repellent tidak menjamin bikin barang jadi waterproof. Istilahnya hanya membantu saja supaya air itu menempelnya berkurang,” kata Erna pada Januari lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com