Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Hino Dutro Unik Dipamerkan di GIIAS 2019

Kompas.com - 28/07/2019, 09:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mobil penumpang, ajang GIIAS 2019 juga dimanfaatkan mobil komersial untuk unjuk gigi. Salah satunya Hino yang hadir dengan kendaraan unik yang jarang terlihat di jalan umum.

Truk Hino Hydrdant Dispenser merupakan kendaraan yang digunakan untuk pengisian bahan bakar pesawat melalui system hydrant yang tertanam di bawah tanah. Biasanya saluran bahan bakar ini berada dekat dengan parkir pesawat yang memudahkan pengisian bahan bakar.

Sistem ini menggantikan peran mobil tangki bahan bakar. Di bandera Soekarno Hatta, sistem dispenser ini menyalurkan avtur dari tangki utama yang kemudian disaring dan dialirkan ke pesawat melalui truk hydrant dispenser tersebut.

Hino berhasil memenuhi standar kualitas dan keamanan tinggi dari Pertamina dengan menggunakan model Dutro 130 MDL yang menjadi armada pengisian bahan bakar tersebut. Model 130 MDL dinilai sesuai sebagai mobil pengisi bahan bakar karena memiliki ruang kargo besar untuk beragam aplikasi.

Truk Dutro Hino untuk pengisian bahan bakar pesawat menarik pengunjung GIIAS 2019Hino Truk Dutro Hino untuk pengisian bahan bakar pesawat menarik pengunjung GIIAS 2019

Baca juga: Hino Cari Pengemudi Jawara Keselamatan Berkendara

Dutro 130 MDL ini menggunakan mesin bertenaga 130 tk pada 2.700 rpm dengan torsi maksimal hingga 372 Nm pada 1.800 rpm serta gross vehicle weight 7,5 ton.

“Truk Hino Dutro 130 MDL dapat digunakan sebagai truk hydrant dispenser untuk pengisian bahan bakar pesawat yang cepat dan efisien, karena truk ini memiliki sasis yang panjang sehingga dapat digunakan untuk beragam aplikasi, termasuk untuk yang spesial purpose sepert ini, yang kami tampilkan dalam GIIAS 2019”. ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT. Hino Motors Sales Indonesia dalam keterangannya, Sabtu (27/7/2019).

Selain produk, Hino juga memberikan edukasi dan pelatihan berkala pada pengemudi truk bahan bakar Pertamina. Pelatihan diberikan berupa keamanan dalam mengemudi dan perawatan kendaraan untuk haria.

Pelatihan ini diberikan pada distributor bahan bakar Pertamina seperti Elnusa, Pertamina Patra Niaga, Pertamina Aviasi dan lainnya. Ini merupakan bentuk Total Support Hino yang tidak hanya menyediakan produk tapi juga pengembangan SDM untuk kelancaran bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com