Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Scoopy, Ternyata Honda Siapkan Skutik Petualang 150

Kompas.com - 13/07/2019, 09:31 WIB
Agung Kurniawan

Editor

Jakarta, KOMPAS.com – Rumors PT Astra Honda Motor (AHM) mau melepas Scoopy 150, akhirnya pupus. Ternyata, pabrikan sekaligus agen tunggal pemegang merek Honda ini memastikan bakal melepas satu skutik baru bergenre petualang alias adventure berkubikasi 150 cc.

“Bukan Scoopy, tapi (skutik) adventure,” kata sumber internal perusahaan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dari informasi yang diterima, rencana peluncuran skutik baru ini juga masih tetap, minggu depan. Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 juga bakal dijadikan salah satu venue buat memamerkan skutik terbaru ini.

Apakah model ini bakal disebut New ADV 150?

“Yup..,” jawab sumber itu tadi.

Baca juga: Honda Genio Meluncur, Scoopy 150 Segera Menyusul

X-ADV, skuter adventure yang diperkenalkan Honda di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.Kompas.com/Alsadad Rudi X-ADV, skuter adventure yang diperkenalkan Honda di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Mengonfirmasi ke Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, mengatakan, kalau memang ada potensi pasar di segmen skutik bergenre petualang. Namun, Thomas masih belum secara eksplisit mau menjelaskan model barunya itu seperti apa.

“Preferensi desain memang ada ke sana (adventure). Tapi, soal mesin kecil, masih belum bisa bilang deh. Undangan sudah ada, tunggu saja nanti,” ucap Thomas, kepada Kompas.com, Sabtu (13/7/2019).

Skutik baru Honda ini banyak yang bilang merupakan versi mesin kecil dari sepeda motor besar (moge) X-ADV 750 cc. Moge yang terasa seperti skutik, karena dibekali  teknologi dual clutch transmission (DCT).

Informasinya, New ADV 150 bakal berbagi mesin yang sama dengan PCX 150 dan Vario 150, tapi dengan karakter berbeda. Fokus menawarkan torsi yang lebih gereget, bakal jadi salah satu kelebihannya. DTC yang memang jadi salah satu selling point pada moge X-ADV 750 cc, sepertinya akan ditinggalkan. Namun, fitur-fitur seperti keyless, ABS, atau helm-in, sepertinya tetap akan ditawarkan pada model ini.

Baca juga: Honda X-ADV Harga Hampir Setengah Miliar Laku 30 Unit

X-ADV resmi dijual di IndonesiaKompas.com/Setyo Adi X-ADV resmi dijual di Indonesia

Honda pertama kali memamerkan skutik moge X-ADV di EICMA, Milan, Italia, 2016 lalu. Skutik moge ini pertama kali masuk ke Indonesia pada gelaran GIIAS 2018. Pemesanan kemudian dibuka secara resmi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, April lalu.

“Sampai sekarang sudah ada 30 inden pesanan buat X-ADV 750, nanti Agustus bakal mulai dikirim ke konsumen,” ucap Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com