Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oli Mesin Perlu Diganti Sebelum mudik, Ada Hitungannya

Kompas.com - 28/05/2019, 14:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan jauh seperti mudik Lebaran, membutuhkan performa mesin yang sehat. Untuk itu, banyak yang melakukan servis pada kendaraannya sebelum berangkat mudik.

Ganti oli mesin sebelum berangkat mudik penting untuk dilakukan. Tujuannya untuk menjaga performa mesin agar tetap optimal.

Baca juga: Mudik Pakai Pelek Aftermarket Harus Lebih Selektif

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4w PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menyarankan untuk melakukan penggantian oli sebaiknya tetap mengacu pada kilometer (jarak tempuh) atau waktu pemakaian.

"Sebaiknya, ganti oli sesuai kilometer atau berbatas waktu. Oli yang memang disarankan oleh APM atau pabrikan, tentunya sudah disesuaikan dengan kondisi mesin atau kendaraan," jelas Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Alasan Honda Masih Buka Posko Mudik

Imam menambahkan, sekarang ini oli mesin sudah dirancang untuk jarak tempuh hingga 10.000 km. Namun, harus disadari bahwa kondisi jalan yang mancet mengakibatkan mesin bekerja terus menerus, meski mobil dalam posisi diam.

"Sementara kendaraan tidak jalan, sehingga suhu oli menjadi tinggi. Maka itu, bengkel sering kali rekomendasi penggantian oli menjadi tiap 5.000 km," kata Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com