Mudik Pakai Pelek "Aftermarket" Harus Lebih Selektif

Kompas.com - 27/05/2019, 17:21 WIB
Pilihan pelek aftermarket untuk SUV STANLY RAVELPilihan pelek aftermarket untuk SUV

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang mudik Lebaran 2019, ada saja yang dilakukan pemilik mobil agar tampilan kendaraannya tak cuma enak dikendarai, tapi juga enak dilihat. Salah satunya, banyak yang mengganti pelek mobil mereka.

Namun, mengganti pelek orisinil dengan pelek aftermarket tidak bisa sembarangan. Apalagi, jika tujuannya untuk dipakai dalam perjalanan jauh seperti mudik ke kampung halaman.

Baca juga: Ragam Pilihan Pelek Aftermarket Favorit Mobil Murah

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bahwa pelek aftermarket aman untuk dipakai mudik. "Asalkan, kualitas pelek aftermarket tidak di bawah pabrikan mutunya," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Imam menambahkan, "Masalahnya, ini termasuk modifikasi. Sesuai aturan APM, jika terjadi masalah akan dapat menggugurkan claim, karena tidak menggunakan standar pabrik."

Baca juga: Perhatikan Ini Deretan ”Musuh” Pelek Mobil!

Hal senada diungkapkan oleh Didi Ahadi, Technical Support Division PT Toyota Astra Motor (TAM), yang bilang bahwa secara aturan warranty, hal tersebut sudah ditulis di buku pedoman pemilik kendaraan.

" Pelek aftermarket banyak bahan dan proses pembuatannya, masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. Kalau dibilang aman, bisa saja, jika digunakan sewajarnya," kata Didi.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X