Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Pelek "Aftermarket" Harus Lebih Selektif

Kompas.com - 27/05/2019, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang mudik Lebaran 2019, ada saja yang dilakukan pemilik mobil agar tampilan kendaraannya tak cuma enak dikendarai, tapi juga enak dilihat. Salah satunya, banyak yang mengganti pelek mobil mereka.

Namun, mengganti pelek orisinil dengan pelek aftermarket tidak bisa sembarangan. Apalagi, jika tujuannya untuk dipakai dalam perjalanan jauh seperti mudik ke kampung halaman.

Baca juga: Ragam Pilihan Pelek Aftermarket Favorit Mobil Murah

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bahwa pelek aftermarket aman untuk dipakai mudik. "Asalkan, kualitas pelek aftermarket tidak di bawah pabrikan mutunya," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Imam menambahkan, "Masalahnya, ini termasuk modifikasi. Sesuai aturan APM, jika terjadi masalah akan dapat menggugurkan claim, karena tidak menggunakan standar pabrik."

Baca juga: Perhatikan Ini Deretan ”Musuh” Pelek Mobil!

Hal senada diungkapkan oleh Didi Ahadi, Technical Support Division PT Toyota Astra Motor (TAM), yang bilang bahwa secara aturan warranty, hal tersebut sudah ditulis di buku pedoman pemilik kendaraan.

"Pelek aftermarket banyak bahan dan proses pembuatannya, masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. Kalau dibilang aman, bisa saja, jika digunakan sewajarnya," kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com