Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libas Semarang-Jepara Bersama BR-V "Facelift"

Kompas.com - 08/05/2019, 12:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Resmi meluncur pada gelaran Telkomsel Indonesia International Motor SHow (IIMS) 2019, Honda Prospect Motor (HPM) langsung mengajak media merasakan sensasi ubahan BR-V facelift, pada sesi test drive.

Memilih rute antar kota Semarang-Jepara, Honda menantang media untuk merasakan kenyamanan baru yang ditawarkan low sport utility vehicle (LSUV) yang sudah terjual 93.000 sejak 2016 lalu.

Seperti diketahui, Honda memang tak memberikan ubahan signifikan pada BR-V, sentuhan ringan hanya terjadi pada beberapa sektor di bagian ekterior dan interior. Sedangkan dari sisi performa dan desain keseluruhan, masih sama dengan model sebelumnya.

Baca juga: Honda BR-V Lawas Tidak Bisa Adopsi Tampang Baru

Jadi kurang lebih, soal sensasi berkendara tidak ada yang berubah. Handling dan performa BR-V masih sama dengan model sebelumnya, putaran tenaga dari mesin i-VTEC berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 120 ps pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.600 rpm masih cukup baik mengakomodir kebutuhan tenaga baik dari putaran bawah dan atas.

Tes drive Honda BR-V Semarang-Jepara Tes drive Honda BR-V Semarang-Jepara

Tak sulit untuk memancing tenaga BR-V keluar, hal ini Kompas.com buktikan bersama rekan media lainnya saat berjalan iring-iringan membelah kemacetan di jalur Pantura dari Semarang menuju kota yang terkenal dengan karya ukirannya.

Pedal gas memberikan respon cepat, yang membuat putaran bawah BR-V terasa padat, maklum perjalanan menuju Jepara dengan kawalan polantas menuntut rombongan juga harus berkendara agresif mengikuti ritme agar barisan tak terputus.

Tes drive Honda BR-V Semarang-Jepara Tes drive Honda BR-V Semarang-Jepara
Selama kurang lebih tiga jam perjalan dengan jarak tempuh mencapai 104 km, bisa dibilang BR-V selalu digeber habis. Dengan demikian, jangan harap mendapat nilai konsumsi bahan bakar yang cukup baik, pasalnya bersama empat rekan lainnya Kompas.com mendapat angka rata-rata konsumsi bahan bakar sebesar 8,5 kpl.

Artinya, 1 liter bensin BR-V mampu digunakan menempuh jarak sejauh 8,4 km, tapi dalam mode berkendara yang rata-rata agresif.

Desain

Pengujian kali ini memang bukan soal performa, tapi lebih untuk merasakan suasana baru dari ekterior dan interior BR-V. Honda meyegarkan tampilan BR-V dengan memberikan New Black Front Grille Design, New Front Bumper Design, dan New Front Under Spoiler pada bagian depan.

Honda BR-V Facelift, Jepara Honda BR-V Facelift, Jepara

Sedangkan untuk memberikan kesan lebih mewah, lampu utama kini sudah menggunakan projector LED DRL, spoiler baru di bagian belakang, serta pelek 16 inci dengan desain baru. MEski terlihat minimalis, tapi bila diperhatiakan tampan BR-V jauh lebih dewasa, mungkin ini bisa menjadi perubahan terkahir sebelum Honda benar-benar mengeluarkan model all new dari BR-V.

Interior

Dari semua penyegaran yang dilakukan, bisa jadi sektor interior yang paling signifikan. Suasana baru ditonjolkan melalui jok baris pertama hingga ketiga yang telah terbungkus material semi sintetis berwarna hitam dengan aksen garis merah yang memberikan kesan elegan dan sport, begitu juga untuk pattern baru pada dasbor.

Interior Honda BR-V, Jepara Interior Honda BR-V, Jepara
Sayangnya ubahan ini hanya bisa dinikmati pada model Prestige saja, sementara varian lainnya masih dengan fabric. Selain balutan semi sintetis, Honda juga ikut membenamkan beberapa fitur baru yang membuat BR-V makin nyaman bagi pengendaranya. Mulai dari One Push Ignition System yang memudahkan menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari sampai AC digital.

Dari sistem hiburan, BR-V kini ditunjang dnegan layar 8 inci Floating Capacitive Touchscreen yang mengusung fitur Smart Connectivity. Melalui fitur tersebut, pengendara atau penumpang bisa melakukan koneksi dengan smartphone dengan mudah.

Baca juga: Modal Honda BR-V Bertahan di Segmen LSUV

Fitur layar sentuh baru BR-V Fitur layar sentuh baru BR-V
Perangkat hiburan pun sudah mendukung beragam koneksi lainnya, seperti Bluetooth, AUX In dan USB Port. Alhasil perjalanan menuju Jepara makin menyenangkan dengan hiburan baru, apalagi kini sudah ditambah dengan tweeter yang mampu memberikan suara lebih maksimal.

Kesimpulan :

Honda BR-V Facelift, Jepara Honda BR-V Facelift, Jepara

Dari hasil tes drive singkat, secara keseluruhan BR-V mengalami peningkatan dari sisi kenayamanan melalui beragam fitur baru. Sayangnya, adanya perubahan tersebut harus dibayar dengan kenaikan harga yang lumayan tinggi, terutama untuk varian Prestige, dari sebelumnya Rp 274 juta kini menjadi Rp 279,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com