Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Inovasi Digital Telkomsel buat Industri Otomotif

Kompas.com - 30/04/2019, 20:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai titling sponsor di ajang pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Telkomsel turut memperkenalkan inovasi digital mereka yang bisa menjadi sollusi industri masa kini.

Layanan tersebut dikemas dalam Internet of Things (IoT) yang memiliki dua inovasi, yakni Telkomsel FleetSight, IoT Tank Monitoring Solution (INTANK), dan Telkomsel Order Management System (TOMS).

Baca juga: Ragam Aksesori Xpander di Telkomsel IIMS 2019

Dijelaskan oleh Muhammad Yusron Amriadi, Manager Fleet Management Product and Partnership Telkomsel, Telkomsel FleetSight merupakan solusi end-to-end untuk pengelolaan armada kendaraan perusahaan.

Dengan teknologi ini, semua informasi mengenai kendaraan bisa terpantau, mulai dari lokasi kendaraan, kecepatan, rute, kebiasaan pengemudi, konsumsi bahan bakar, hingga temperatur kendaraan yang bisa dimonitor secara real-time.

"Singkatnya, alat ini seperti black box pada pesawat terbang. Jadi, bisa merekam segala informasi mengenai kendaraan yang dipasangkan alat ini," jelas Abdulloh Fahmi, GM Prepaid Brand and Communications Telkomsel, saat sharing session yang digelar di booth mereka di Telkomsel IIMS 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Baca juga: Berburu Aksesori NMAX dan PCX di Telkomsel IIMS 2019

Selain itu, ada INTANK yang berfungsi untuk memantau penggunaan bahan bakar pada tangki yang letaknya jauh atau aksesnya terbatas. Sehingga, bisa menekan biaya operasional dan menjaga kelancaran bisnis.

Terakhir, Telkomsel juga memperkenalkan TOMS. Inovasi digital yang bermanfaat untuk mengelola pesanan dan pengiriman perusahaan.

"Telkomsel secara konsisten meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan sebagai bagian dari upaya mengakselerasi terbentuknya ekosistem IoT di Indonesia," ujar Nirwan Lesmana, Vice President Brand and Communications Telkomsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com