Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Mitsubishi Cari Bibit Mekanik Unggul

Kompas.com - 28/03/2019, 20:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuktikan konsistensi dalam bidang pendidikan, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mendonasikan sembilan unit kendaraan tujuh penumpang kepada tujuh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Indonesia dan dua Lembaga Pelatihan Kerja di Jakarta dan Bandung.

Presiden Director MMKSI Naoya Nakamura, mengatakan donasi kendaraan dalam acara Mitsubishi CSR Education Program (MEP) menjadi salah satu cara MMKSI berkontribusi dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Indonesia.

"Melalui program ini kami ingin berkontribusi dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualitas dan keahlian tinggi di bidang otomotif. Pendidikan yang berkualitas akan memberikan kita penerus yang memiliki karakter, hal ini sangat penting bagi masa depan dunia dan merupakan senjata yang kuat untuk memberikan perubahan dunia," ujar Nakamura dalam seremoni di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Baca juga: Mitsubishi Perluas Kerjasama dengan Garuda Indonesia

Sejak pertama digelar pada 2014, Mitsubishi Motor telah bekerja sama dengan 33 SMK di seluruh Indonesia dengan mendonasikan 29 ini kendaraan dan pelatihan kepada 495 siswa. Dalam menentukan sekolah yang menerima donasi, MMKSI memiliki kriteria khusus yang memprioritaskan bidang otomotif dengan reputasi yang baik dan setidaknya memiliki dua kelas otomotif.

Kondisi tersebut terkait dengan tujuan akhir dari program ini, yang mana untuk sekolah terpilih akan diprioritaskan mendapat bergabung di dunia industri serta memiliki kualitas yang baik. Selain itu, sekolah terpilih juga terkait dengan brand otomotif lainnya.

CSR Edukasi Mitsubishi CSR Edukasi Mitsubishi

Guna meningkatkan cakupan program edukasi Mitsubishi, tahun ini MMKSI pun mengandeng dua lembaga Latihan Kerja, yakni Pelatihan Kerja Pembangembangan Industri Jakarta dan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bandung. Adanya jalinan dengan dua lembaga tersebut diharapkan bisa memberikan kemudahan para siswa mendapatkan pengetahuan otomotif terutama pengetahuan teknologi Mitsubishi.

Baca juga: Mekanik THS Auto2000 Punya Kemampuan Komplet

Selain donasi dan kendaraan, MMKSI juga memberikan latihan Mitsubishi Technician Education Program (M-Step) 1 kepada 15 siswa dari masing-masin sekolah terpilih. Materi yang diberikan mencakup keterampilan teknik dasar, seperti mesin, bahan bakar, kelistrikan, power train, dan lain sebagainya

Penyerapan

Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro, mengatakan program edukasi ini sejalan dengan langkah agresif Mitsubishi yang saat ini sedang banyak melebarkan jaringannya di Indonesia. Dengan adanya tenaga didik yang sudah siap diserap, nantinya para siswa bisa langsung memasuki dunia kerja.

"Sekarang Mitsubishi sedang masif membangun diler-diler di Indonesia yang tentunya membutuhkan tenaga teknisi. Melalui program ini, kita bekali para siswa dengan pengetahuan Mitsubishi yang nantinya bisa langsung diserap jaringan kami," kata Irwan.

CSR Edukasi Mitsubishi CSR Edukasi Mitsubishi

Mulyanto, Head of Training Departemen MMKSI, mengatakan sejak 2014 dimulainya program ini sudah ada beberapa siswa yang langsung diserap oleh Mitsubishi. Materi lingkup edukasinya pun bukan hanya siswa saja, namun sampai ke jenjang guru-guru dari sekolah yang terpilih.

"Jumlah lulusan yang saat ini sudah terserah ada 102 menkanik yang langsung kami ambil dan ditempatkan di bengkel-bengkel. Jadi ini merupakan aplikasi langsung, tapi selain dari siswa, guru-gurunya juga kita update, kita juga aktif lakukan seminar mengenai teknologi baru," ucap Mulyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com