Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovizioso dan Rossi Sambut Baik Aturan Penalti Baru MotoGP

Kompas.com - 25/02/2019, 11:25 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pebalap MotoGP menyambut baik aturan penalti baru yang diterapkan pada musim 2019. Misal, rider Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang menganggap sistem teranyar itu terkesan lebih adil.

Penalti baru yang akan diterapkan pada seri pertama MotoGP 2019 di Qatar itu akan memberikan hukuman kepada pebalap yang melanggar berupa wajib melewati area tertentu agar kehilangan waktu.

Bahkan, sudah diujicoba di tes pramusim yang berlangsung di Sirkuit Losail akhir pekan lalu. Sejumlah pebalap pun ikut mencoba area tersebut, termasuk The Doctor.

Baca juga: Pernyataan Resmi Dorna Terkait MotoGP Indonesia

"Ini sedikit rumit, tetapi bukan tidak mungkin bahwa pebalap menjadi kehilangan banyak waktu, dan saya rasa ini sangat adil jika dibandingkan dengan penalti turun satu posisi," ujar Rossi seperti dilansir laman motorsport.com, Senin (25/2/2019).

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjalani sesi latihan bebas ketiga MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, 20 Oktober 2018. AFP/MARTIN BUREAU Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjalani sesi latihan bebas ketiga MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, 20 Oktober 2018.

Senada dengan Rossi, pebalap jagoan Ducati juga mengatakan bahwa penalti ini lebih adil, bahkan hampir semua pebalap memberikan sambutan positif.

"Kami membahasnya dalam rapat komoisi keselamatan, dan saya rasa ide yang sangat bagus daripada harus kehilangan posisi, lebih baik kehilangan waktu," ucap Dovizioso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com