Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Hino Punya ABS dan Makin Aman

Kompas.com - 11/02/2019, 19:15 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) telah mengumumkan target mereka di 2019. Produsen kendaraan komersial tersebut berharap peningkatan sebanyak 12 persen dengan masing-masing untuk segmen light duty truk 20.000 unit dan medium duty truk 25.000 unit.

Untuk mencapai target itu, salah satu yang dilakukan Hino adalah memberikan peningkatan kualitas melalui fitur pada produk truk mereka. Pada model New Generation Ranger dan New Dutro, Hino memberikan fitur kamera belakang.

"Ini diberikan sebagai tambahan fitur keselamatan bagi pengemudi. Terutama pada jenis kendaraan kargo dan logistik, mempermudah dan mempercepat proses parkir," ucap Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo saat ditemui Senin (11/2/2019).

Fitur lain yang disiapkan adalah under mirror untuk tambahan jangkauan penglihatan pengemudi. Ini dilakukan untuk mengurangi area blind spot yang menjadi kesulitan pengemudi saat berkendara.

Baca juga: Hino Lewati Target Jualan di 2018

Fitur side guard atau pelindung samping diberikan untuk tambahan keamanan saat kecelakaan. Fitur ini juga berfungsi menahan korban kecelakaan, misal sepeda motor, jatuh ke bagian bawah truk.

"Ini dilakukan karena melihat banyaknya perilaku pengendara motor yang suka tiba-tiba berubah arah atau nyelonong. Ini juga sesuai dengan peraturan Kementerian Perhubungan guna mengurangi dampak fatal kecelakaan di jalan raya," ucap Santiko.

Fitur lainnya adalah anti-lock brake system (ABS) yang diminta oleh Pertamina untuk angkutan bahan bakar mereka. Hadirnya sistem ABS ini meningkatkan aspek keselamatan da keamanan berkendara bagi pengemudi maupun pengemudi terutama saat kondisi jalan licin.

Hino menawarkan beberapa model untuk dipilih antara lain New Generation Ranger FG 245 JK berkapasitas 8.000 liter, serta FL 245 JN, FL 245 JW dan FM 285 yang berkapasitas 16.000 liter. Model tractor head Hino menawarkan model SG 260, 285 TH, FM 265 dan 285 TH berkapasitas 24.000 liter. Kapasitas terbesar yakni 32.000 liter ditawarkan melalui model FM 350 TH

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com