Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ignis Tak Terbendung, Rajai Semester I/2018

Kompas.com - 17/07/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih terus mempertahankan posisinya sebagai yang terlaris, di segmen segmen city car lewat model andalan, Ignis.

Berdasarkan data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Ignis menguasai 43,03 persen segmen mobil kota. Tak hanya penguasaan pasar, produk yang diimpor dari India itu juga sukses terjual 7.659 unit.

Angka tersebut meninggalkan kompetitor utama seperti Brio. Mobil kota milik Honda tersebut hanya terjual 5.887 unit saja.

Baca juga: Suzuki Baca Tren Mobil Kecil Seperti Ignis

Wholesales city car semester I/2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wholesales city car semester I/2018 (diolah dari data Gaikindo).

Meski tak menduduki lagi takhta tertinggi, Brio masih bertahan dengan pangsa pasar 33,07 persen, atau berada di posisi kedua membuntuti Ignis, yang baru saja meluncurkan varian barunya pada awal 2018.

Kemudian pada posisi ketiga ada Cross yang total mencapai 2.248 unit. Angka besar tersebut lantaran pasokan ke dealer sempat digenjot pada Maret. Tetapi, pada bulan-bulan berikutnya, justru menciut tajam. Pada April hanya terjual 13 unit, Mei 7 unit, dan Juni 5 unit.

Lalu berturut-turut pada tempat keempat dan kelima yaitu Nissan March sebanyak  979 unit (5,50 persen), kemudian Daihatsu Sirion  590 unit (3,31 persen).

Honda Brio RS Setyo Adi Nugroho - Otomania.com Honda Brio RS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com