Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor CR7 ke Juventus bikin Karyawan Fiat Marah, Kenapa?

Kompas.com - 08/07/2018, 10:15 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ramai jadi bahan perbincangan di tengah Piala Dunia 2018, bintang Portugal dan Real Madrid Cristiano Ronaldo, disebut bakal ditransfer ke Juventus dengan kesepakatan berjumlah 100 juta euro atau Rp 1,6 triliun.

Jika ini jadi kabar baik buat sepak bola Italia, tapi tidak dari sudut pandang internal para karyawan merek mobil asal Italia, Fiat. Berita ini ternyata memicu kemarahan mereka, mengutip  Carscoops.com, Sabtu (7/7/2018).

Lalu apa hubungannya?

Ternyata, sang pemilik Juventus itu adalah Keluarga Giovanni Agnelli sebagai pemegang saham mayoritas (63,77 persen). Sementara Agnelli juga merupakan pendiri merek mobil Fiat, yang saat ini menguasai 29,18 persen.

Lebih dari itu, kabar yang beredar juga pemain sepak bola dengan nama populer CR7 itu juga ditawari gaji 30 juta euro atau Rp 506 miliar pertahun, dan akan diangkat menjadi brand ambassador Fiat.

Baca juga: Aksi CR7 dengan Bugatti Chiron

Fiat 500 Sport tampil unik untuk segmen mobil kota premiumkompas.com - Roderick A Moses Fiat 500 Sport tampil unik untuk segmen mobil kota premium

"Setelah Higuain, sekarang Cristiano Ronaldo juga," kata Gerardo Giannone, karyawan di pabrik Fiat Pomigliano D’Arco.

“Ini memalukan. Pekerja Fiat belum mengalami kenaikan gaji dalam 10 tahun. Padahal dengan gaji Cristiano, kita bisa memberikan dana tambahan ke setiap pekerja mencapai 200 euro per bulannya (Rp 3,3 juta),” tutur Giannone.

“Kami telah kehilangan 10,7 persen inflasi selama satu dekade terakhir, yang sampai saat ini belum pulih. Sedangkan FCA malah menghabiskan 126 juta euro per tahun untuk sponsor, di mana 26,5 juta untuk Juventus,” kata Giannone.

Jika Juventus dan Fiat berhasil gelontorkan biaya transfer 100 juta euro, dan tambahan 120 juta euro lainnya dari akumulasi gaji selama empat tahun, totalnya ada investasi sebesar 220 juta euro yang dikeluarkan.

Itu mungkin bisa membantu raksasa Italia memenangkan Liga Champion, sesuatu yang belum mereka lakukan sejak musim 1995-1996.

Namun, jika kesepakatan itu berjalan, ini akan sangat menyakitkan hati pekerja Fiat. Apalagi jika mereka juga menyadari, kalau CR7 sudah disewakan mansion super mewah seluas 1.000 meter persegi di Turin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com