Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan dan Renault Menyerah Kembangkan Fuel Cell

Kompas.com - 26/06/2018, 16:42 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Nissan dan Renault telah memutuskan berhenti mengomersialkan kendaraan fuell cell (hidrogen)yang mereka kembangkan bersama Daimler dan Ford, seperti dilaporkan Nikkei. Pengembangan teknologi fuell cell mungkin saja bertemu jalan buntu.

Kolaborasi pabrikan asal Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat itu sudah dimulai sejak 2013. Nissan dan Renault bertugas mengembangkan paket fuel cell sebagai sumber tenaga kendaraan. Sedangkan Daimler fokus membuat sistem yang menghubungkan paket fuel cell itu ke kompnen seperti motor listrik.

Rencananya, model fuell cell produksi massal yang dijual dengan harga terjangkau bakal hadir pada 2017. Namun hingga kini belum kesampaian.

Walau sekarang diabaikan, Nissan dan Renault melanjutkan kerja sama dengan Daimler dan Ford soal pengembangan yang melibatkan fuell cell. Nissan dan Renault disebut menggeser fokus mereka ke mobil listrik yang dianggap sebagai masa depan kendaraan rendah emisi.

Baca juga: Debut Teknologi Fuel Cell Ethanol Nissan

Fuel cell adalah perangkat yang menghasilkan listrik dari reaksi kimia hidrogen yang ada pada tangki penyimpanan di mobil. Energi listrik itu menggerakan motor listrik yang membuat kendaraan bisa bergulir.

Kendaraan fuel cell lebih ramah lingkungan dari kendaraan listrik, namun harganya sangat tinggi. Kendala lainnya soal teknologi ini yaitu harus tersedia stasiun pengisian hidrogen di jalanan.

Kendati Nissan dan Renault menyerah, Toyota, pengembang fuel cell nomor satu di dunia, masih terus melanjutkan pengembangan fuel cell. Toyota tetap pada rencananya menjual lebih dari 30.000 unit kendaraan fuel cell pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com