Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Kosongnya Jalanan Jakarta di Hari Lebaran

Kompas.com - 15/06/2018, 18:18 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suasana Ibu Kota Jakarta di hari pertama Lebaran, Jumat (15/6/2018) terasa berbeda. Jalan-jalan yang biasanya dipenuhi kendaraan kini nampak lengang dan tidak ada kemacetan.

Situasi Jakarta yang seperti ini menjadi pemandangan yang hanya dapat dinikmati sekali dalam setahun. Saat kebanyakan warga Jakarta kembali ke kampung halaman, kondisi sepi kendaraan

Kompas.com yang berangkat dari Kalimalang, Jakarta Timur menyempatkan menikmati lengangnya Jakarta dengan menuju rute Cawang, Pancoran, dan Kuningan. Sepanjang perjalanan dari pukul 06.00 WIB nampak sedikit kendaraan yang berlalu lalang.

Beberapa kali pengguna mobil sport nampak menikmati sepinya jalan tol dengan memacu mobilnya lebih cepat. Memang, momen sepinya jalan Jakarta ini kerap dinikmati para pemilik mobil sport untuk memanaskan mesin mobilnya.

Situasi sepi di jalan Gatot Subroto berlanjut ketika Kompas.com melalui jalan MH. Thamrin. Jalanan yang di kanan kirinya terdapat banyak gedung perkantoran ini nyaris tidak dilalui kendaraan satu pun, berbeda dengan hari biasa yang riuh dengan mobilitas warga Jakarta.

Baca juga: Dampak Libur Panjang Terhadap Keselamatan Berkendara saat Mudik

Suasana lengang jalanan Jakarta di hari pertama Lebaran Jumat (15/6/2018)Kompas.com/Setyo Adi Suasana lengang jalanan Jakarta di hari pertama Lebaran Jumat (15/6/2018)

Berlanjut kemudian di tengah kota tepatnya di Bundaran HI dan jalan Sudirman. Situasi lengang setahun sekali ini dimanfaatkan warga mulai dari bersepeda sampai berswafoto di tengah jalan.

Budi (50) salah satu warga yang ditemui di Bundaran HI mengungkapkan momen seperti ini ingin dinikmatinya dengan berfoto bersama kawan dan keluarganya.

"Saya jarang melihat jalan Sudirman dan Bundaran HI selowong ini. Jadi kita foto-foto saja. Memanfaatkan libur Lebaran," ucap Budi saat ditemui Jumat pagi.

Kompas.com kemudian kembali ke arah Kalimalang untuk menyelesaikan pantauan di hari pertama Lebaran ini. Total kurang lebih sekitar 90 menit, perjalanan ke tempat-tempat di atas selesai ditempuh.

Hingga H-3 lalu sebanyak 563 ribu kendaraan diberitakan telah keluar dari Jakarta melalui gerbang tol Cikarang Utama. Situasi Jakarta yang lengang ini sudah terasa sejak H-6 dimana libur anak sekolah sudah dimulai dan diperkirakan akan kembali normal minggu depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com