Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Kerja Fitur ESP dan Hill Hold Control di Ertiga Terbaru

Kompas.com - 27/04/2018, 14:25 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu yang menjadi keunggulan dari All New Ertiga adalah kehadiran teknologi keamanan yang semakin lengkap. Selain ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake force Distribution) dan BA (Brake Assist), All-New Ertiga punya teknologi ESP (Electronic Stability Program).

ESP sendiri adalah teknologi komputerisasi yang mengoptimalkan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalkan slip. Ini sekaligus meminimalkan gejala understeer dan oversteer saat berkendara.

"Sebelumnya ESP ini sudah digunakan di Swift Sport sejak 2015 lalu. Kalau Ertiga sebelumnya sudah ada ABS, EBD, kali ini tambahkan ESP control unit," ucap 4W Service Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Totok Yulianto saat menjelaskan teknologi All New Ertiga di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).

Totok menjelaskan, ESP sendiri sebenarnya mengatur empat sistem sensor di Ertiga terbaru. Keempatnya adalah ABS, EBD, TCS (Torque Control System) dan ESP itu sendiri.

Baca juga : Ertiga Lawas dan Baru, Ini Perbandingan Spesifikasi

"Keempatnya diatur oleh ESP Control Unit, diatur komputer ESP. Kalau lebih detail lagi jika sensor ABS biasanya hanya pakai G sensor di hidroliknya, kalau ESP ini ada tambahan Yaw sensor dan G sensor dan ada longitudinal dan lateral sensor," ucap Totok.

Suzuki All-New Ertiga meluncur di IIMS 2018Setyo Adi/Kompas.com Suzuki All-New Ertiga meluncur di IIMS 2018

Hill Hold Control

Adanya fitur ESP ini juga membuat Ertiga terbaru mendapatkan fitur baru yakni Hill Hold Control (HHC). Fitur ini berfungsi menahan kendaraan tidak meluncur di tanjakan atau turunan.

"Saat hendak menanjak dari posisi diam, fitur ini memberikan jeda sekitar dua detik agar kaki dapat melepaskan rem dan berpindah ke tuas gas. Jadinya mobil tidak akan meluncur turun," ucap Totok.

Suzuki menawarkan teknologi ESP ini pada varian tertingginya GX transmisi otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com