Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal-usul Nama C-HR

Kompas.com - 11/04/2018, 07:22 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Sama seperti RAV4 (Recreational Activity Vehicle: 4 Wheel Drive), SUV baru C-HR juga dinamakan dari singkatan. Dari penjelasan Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran, Selasa (10/4/2018), C-HR merupakan kependekan dari “Compact High Rider”.

Bansar Maduma, Product General Manager TAM saat presentasi produk menjelaskan “compact” tergambarkan dari desain eksterior yang stylish dan modern. Sedangkan “High Rider” berarti memberikan pengalaman berkendara yang berbeda.

Crossover ini merupakan model compact yang proporsinya diangkat. Maksudnya, setengah bodi ke atas C-HR terlihat ringkas dan klimis dengan desain coupe, namun di bagian bawah dirancang seperti SUV dengan pelek berukuran besar.

Baca: Banderol C-HR Lebih Mahal dari CX-3 dan HR-V 1.8L

Toyota C-HR versi Indonesia.Dok. TAM Toyota C-HR versi Indonesia.

C-HR merupakan model kedua Toyota yang dirancang di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Model pertama yang menggunakannya adalah generasi baru Prius.

C-HR dan generasi keempat Prius berbagi berbagai komponen yang sama, termasuk mesin hibrida. Namun di Indonesia, TAM memilih memasarkan C-HR dengan mesin 1.8L non-hibrida yang sudah dijual di Thailand dan Malaysia.

Bisa dikatakan C-HR adalah versi atletis sedan Prius yang menawarkan sensasi berkendara tinggi seperti crossover.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com