Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Sokon Jual 35.000 unit per Tahun di Indonesia

Kompas.com - 01/04/2018, 11:35 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Kapasitas produksi 50.000 unit per tahun di pabrik Sokonindo Automobile di Serang, Banten, ditargetkan terpakai semuanya pada 2020. Inilah ambisi serius salah satu pendatang baru dari China itu di Indonesia.

Dari keterangan Elias Sugita Handoyo, Area Manager Sokonindo Automobile, Senin (26/3/2018), sebesar 70 persen (35.000 unit) dari kapasitas maksimum pabrik ditujukan buat pasar Indonesia. Sementara 30 persen sisanya buat kuota  ekspor.

“Target kami pada 2020 itu kami sudah bisa menjual 50.000 per tahun, mungkin proporsi 70 persen lokal dan 30 persen ekspor ke Asia Tenggara,” kata Elias.

Baca: Sokon Pisahkan Mobil Komersial dan Penumpang di Indonesia
Baca: Ada Berapa Diler Sokon di Indonesia?

Sokonindo Super CabDok. Aphit Sokonindo Super Cab

Pabrik Sokonindo saat ini sudah punya dua jalur produksi, yaitu untuk pikap kecil dan SUV Glory 580 yang dijual di Indonesia. Buat ekspor, Elias tidak menyebut kapan dan menggunakan model apa.

Baca: Sokon Jadikan Indonesia Basis Produksi ASEAN dan Global

Saat peresmian pabrik pada November 2017, pihak Sokonindo Automobile memang menyebut rencana ekspor, tujuan utamany ke Asia Tenggara yang menggunakan setir kanan. Pabrik Sokonindo sempat mendapat pujian karena sudah mengadopsi Industri 4.0 alias otomatisasi menggunakan robot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com