Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Pikap Sokon, Sanggup Lawan Carry dan Gran Max?

Kompas.com - 29/03/2018, 11:30 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Pikap mini Sokonindo Automobile, Super Cab, sudah terekam dijual (wholesales) sejak September 2017. Pendatang baru ini menantang langsung dominasi Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max, namun dengan kuncian keunggulan.

Super Cab punya dua model bodi, kabin tunggal K01S dan kabin ganda K02S. Wheelbase keduanya sama, yaitu 2.760 mm, namun kapasitas angkutnya penumpang dan barang berbeda. K02S bisa mengangkut sampai lima penumpang, tetapi ukuran baknya lebih kecil ketimbang K01S.

Baca: Sokon Pisahkan Mobil Komersial dan Penumpang di Indonesia

Sokon Super Cab, kabin tunggal K01S dan kabin ganda K02SSOKONINDOAUTOMOBILE.com Sokon Super Cab, kabin tunggal K01S dan kabin ganda K02S

K01S dan K02S diberi masing-masing dua pilihan mesin bensin, yaitu 4-Silinder SOHC 1.050cc bertenaga 64 tk dan torsi 91 Nm sertra dan 4-silinder DOHC 1.240cc bertenaga 88 tk dan torsi 115 Nm. Kedua model berpenggerak roda belakang, satu pilihan transmisi manual 5-percepatan, mesin tengah, dan kapasitas bahan bakar 40 liter.

Elias Sugita Handoyo, Area Manager Sokonindo Automobile, menjelaskan Super Cab sebenarnya adalah model yang sudah dijual lebih dulu di China. Meski begitu, sebelum diputuskan diproduksi dan dijual di Indonesia sudah melewati fase riset dan pengembangan lokal.

Sokon Super Cab, ada dua pilihan bodi.SOKONINDOAUTOMOBILE.com Sokon Super Cab, ada dua pilihan bodi.

“Secara dimensi berbeda dengan yang ada di Indonesia. Dibanding sama kompetitor di Indonesia, pikap kami dimensi baknya lebih besar, ruang penumpang juga lebih lega. Desain lebih baru dan mesin tahan lama karena di China punya pengalaman mesin kapal,” kata Elias, Senin (26/3/2018).

Elias menyebut lebih “mudah” menjual pikap mini di Indonesia. Hasil selama empat bulan penjualan hingga akhir tahun, Super Cab terjual sebanyak 159 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com