Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Online Bisa Mempengaruhi Pembeli Mobil

Kompas.com - 28/03/2018, 09:42 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Hasil riset yang dilakukan "Drive to Decide" oleh Google Indonesia dan TNS menyebutkan video online kini jadi referensi calon konsumen pengguna internet sebelum membeli mobil baru. Kini video online bahkan tidak hanya sekedar jadi tontonan semata, tapi juga bisa mempengaruhi keputusan calon pembeli mobil.

Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho menyatakan 8 dari 10 orang (82 persen) pengguna internet calon pembeli mobil menyatakan video online memperkuat keputusan mereka untuk membeli mobil tertentu.

Menurut Yudistira, 6 dari 10 orang (65 persen) bahkan menyatakan video online memperkenalkan mereka dengan kendaraan yang sebelumnya tidak mereka pertimbangkan.

Otomania.com - Performa Toyota Agya makin mantap berkat ubahan mesin dengan kapasitas lebih besar.TAM Otomania.com - Performa Toyota Agya makin mantap berkat ubahan mesin dengan kapasitas lebih besar.

"Hal ini menarik bagi pemasar karena nyatanya video dapat merubah keputusan mereka," kata Yudistira di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Menurut Yudistira, setelah menonton video online, calon konsumen pasti akan melakukan tindak lanjut. Caranya dengan berkunjung ke diler atau website. Tujuannya mencari berbagai informasi mengenai mobil yang ia tonton video-nya, mulai dari harga, pilihan warna hingga kemungkinan adanya diskon.

"Jadi video online tidak hanya untuk sekedar ingin tahu. Dari studi ini calon pembeli mobil baru melakukan tindak lanjut dari video yang ditonton," ujar Yudistira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com