Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Sedan Produksi Rusia Bisa buat Indonesia

Kompas.com - 12/03/2018, 10:42 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Sejauh ini Datsun belum berencana menjual sedan di Indonesia. Namun jika saja dibutuhkan modalnya sudah ada, yaitu sedan on-DO yang dijual khusus di Rusia sampai saat ini.

Meski begitu on-Do punya satu kendala yakni setirnya ada di sebelah kiri. Kepala insinyur Datsun Nobuyuki Kawai menjelaskan butuh usaha lagi untuk menjadikannya setir kanan agar cocok buat Indonesia.

“Saya pikir kami sudah membuat sedan 4-pintu setir kiri di Rusia. Bila Anda mau, kami perlu membuat pengembangan baru untuk setir kanan,” kata Kawai yang punya jabatan resmi, Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit, Nissan Motor Co., Ltd, di di Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018).

Interior Datsun on-Do, lebih gagah ketimbang Go.Datsun Interior Datsun on-Do, lebih gagah ketimbang Go.
Bagian belakang Datsun on-Do.Datsun Bagian belakang Datsun on-Do.

Baca: Datsun GO dan GO+ Tidak Mungkin Pakai AMT

Belum selesai sampai memindahkan posisi setir, Kawai juga bilang on-DO harus dibuat varian lebih tinggi agar menyesuaikan kebutuhan konsumen Indonesia. Sebelumnya, Kawai mengatakan pasar Indonesia sedang berubah drastis dan ekspektasi konsumen tinggi.

“Kami perlu memikirkannya,” ucap Kawai.

Sejauh ini model baru Datsun yang dikembangkan untuk Indonesia adalah Cross. Kawai juga menjelaskan, model paling kecil Datsun, Redi-GO, tidak cocok buat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com