Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Mulai Kirim Cross, Tutup Mulut Soal Inden

Kompas.com - 08/03/2018, 15:51 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Model ketiga Datsun di Indonesia yang bukan produk Low Cost Green Car (LCGC), Cross, sudah mulai dikirim ke jaringan diler untuk didistribusikan ke konsumen setelahnya. Meski begitu pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) menolak memberikan angka unit inden dari konsumen.

“Pengiriman baru dimulai Rabu (7/3/2018), kemarin. Jadi kami harap mobil ini dapat diterima pasar dengan baik,” kata Eiichi Koito, Presiden Direktur NMI, di Karawang, Kamis (8/3/2018).

Cross telah melakukan debut dunia pada 18 Januari 2018, sekaligus menandai dibukanya inden. Satu-satunya model Datsun yang dilengkapi opsi transmisi CVT selain manual ini mulai diproduksi pada 31 Januari.

Baca: Datsun Cross Resmi Diproduksi di Indonesia

Karyawan-karyawati di pabrik PT Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik ini telah memulai produksi massal Datsun Cross, Rabu (31/1/2018).Nissan Motor Indonesia (NMI) Karyawan-karyawati di pabrik PT Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik ini telah memulai produksi massal Datsun Cross, Rabu (31/1/2018).

Inden

Koito tidak mau terbuka soal angka inden Cross saat ditanya wartawan. Dia bilang sudah menjadi kebijakan perusahaan tidak memberikan data semacam itu. Bukan cuma inden, Koito juga tutup mulut soal angka produksi awal Cross yang dilakukan di pabrik Nissan di Purwakarta.

“Tidak bisa, angka seperti itu, sebagai Nissan dan Datsun, sesuai kebijakan, kami tidak bisa memberikan data,” kata Koito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com