Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Mesin Jazz di Mini Klasik Tak Semudah Dibayangkan

Kompas.com - 20/02/2018, 10:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


Jakarta, KOMPAS.com - Untuk mendapatkan kenyamanan mobil modern, pemilik mobil klasik biasanya mengganti mesinnya dengan mobil modern. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan salah seorang anggota Jakarta Morris Club (JMC) Herman Jusuf terhadap Mini Cooper miliknya.

Herman diketahui menggunakan mesin mobil Honda Jazz pada Austin Mini lansiran 1966. Tujuannya agar mobil bisa dipasangi alat pengatur suhu atau air conditioner (AC) dan tidak mudah mogok saat digunakan.

Herman membeli mesin Jazz hasil kreasi superfastmini.com, produsen mesin modifikasi asal Amerika Serikat. Superfastmini.com memanfaatkan mesin dari mobil pabrikan Jepang untuk dipasang di Mini.

Baca juga : Restorasi Mini Klasik dengan Mesin Honda Jazz

Mesin kreasi superfastmini.com sudah dilengkapi frame. Sehingga pembeli bisa tinggal memasang mesin tersebut ke ruang mesin secara "plug and play".

Mesin Honda Jazz yang terpasang di Mini lawas lansiran 1966 milik Herman Yusuf. Kompas.com/Alsadad Rudi Mesin Honda Jazz yang terpasang di Mini lawas lansiran 1966 milik Herman Yusuf.

Namun proses pemasangan mesin ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Salah seorang rekan Herman yang membantu pemasangan mesin, Prima Tirta menceritakan rumitnya proses tersebut hingga memakan waktu berbulan-bulan.

"Waktu itu proses pemasangannya 2-3 bulan," kata Prima kepada Kompas.com, Senin (19/2/2018).

Menurut Prima, rumitnya pemasangan mesin disebabkan superfastmini.com sengaja tak memberikan buku petunjuk. Sehingga cukup sulit untuk mencocokan kabel maupun komponen dari mesin yang nantinya akan menggerakan mobil.

Baca juga : Siasati Aksesori Mini Klasik, dari Termahal hingga Termurah

"Tapi karena kita dibantu mekanik yang biasa menangani mesin Honda, akhirnya mesin bisa terpasang juga," ucap Prima.

Harga maupun biaya untuk mendatangkan mesin buatan superfastmini.com ke Indonesia mencapai sekitar Rp 150 juta. Sepengetahuan Prima, sampai sejauh ini belum ada kreator mesin modifikasi lokal yang memanfaatkan mesin mobil modern untuk dipakai khusus ke Mini. Hal inilah yang membuat Herman memutuskan membeli mesin dari AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com