Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/02/2018, 09:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian sedang berusaha untuk menurunkan pajak sedan di Indonesia. Saat ini, sedan dianggap mobil mewah karena punya beban Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) lebih tinggi ketimbang model multi purpose vehicle (MPV) atau mobil berakarakter two box.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan revisi itu bisa rampung pada kuartal pertama tahun ini. Apabila disetujui maka pajak sedan akan setara model lain, seperti multi purpose vehicle (MPV).

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Kyoya Kondo menuturkan, rasanya cukup sulit memperkirakan bagaimana pasar Indonesia bereaksi terhadap hal ini.

“Saya percaya, jika melihat konsumen Indonesia, Indonesia punya keluarga yang lebih besar dan di dua hingga tiga dekade terakhir pasarnya lebih memilih MPV,” kata Kondo akhir pekan lalu di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Baca juga: Kemenperin Targetkan Maret, Pajak Sedan Baru Rampung

Melihat preferensi konsumen, jika dibandingkan dengan sedan, lanjut Kondo pilihan utama Mitsubishi tetap MPV atau LMPV. Bahkan dalam beberapa tahun ke depan fokus menggarap segmen sport utility vehicle (SUV).

Kesempatan lain, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro pernah mengatakan, untuk sekarang ini memang sedang fokus pada sport utility vehicle (SUV) dan kendaraan listrik.

"Tetapi tidak menutup kemungkinan karena kita juga telah bersinergi dengan Nissan. Saya tidak tahu ke depannya bagaimana," kata Irwan kepada KOMPAS.com di Tegal, Jawa Tengah pekan lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com