2 Penyebab Utama Mobil Bekas Tidak Laku Dijual - Kompas.com

2 Penyebab Utama Mobil Bekas Tidak Laku Dijual

Kompas.com - 14/02/2018, 15:05 WIB
Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Motor, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Motor, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).

Depok, KOMPAS.com - Diler-diler mobil bekas biasanya hanya mau menjual belikan mobil yang diminati masyarakat secara luas. Selain harganya terjangkau, menjualnya juga lebih mudah.

Kendati demikian, ada beberapa penyebab mobil bekas dari tipe yang diminati masyarakat juga tidak laku dijual di diler mobil bekas. Penyebab ini di luar beberapa faktor lain seperti merek pabrikan Jepang dan kelengkapan dokumen.

Jay, penanggung jawab di diler Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok mengatakan mobil bekas yang tidak akan dibeli adalah yang pernah terendam banjir. Walaupun pemilik biasanya bisa menyiasatinya dengan membawanya ke salon mobil, Jay menyebut diler-diler mobil bekas sudah paham perbedaan antara mobil yang pernah terendam banjir atau tidak. Pengecekan biasanya dilakukan ke busa jok, sasis, ataupun kelistrikan.

Baca juga : Hati-Hati Beli Mobil Bekas Terendam Banjir

"Sejauh ini kita tidak mau terima mobil kejadian-kejadian force majeur seperti itu," kata Jay saat ditemui Kompas.com, Selasa (13/2/2018).

Lantai interior yang tergenang air dan lumpur.dok. Bengkel Brum-Fendryss Lantai interior yang tergenang air dan lumpur.

Selain terendam, Jay menyebut kondisi lain yang membuat mobil bekas sulit laku dijual adalah jika pernah mengalami tabrakan. Tabrakan yang dimaksud di sini adalah kecelakaan skala berat yang sampai menyebabkan hancurnya setengah bagian mobil.

Seperti pada kasus terendam, diler mobil bekas juga bisa mendeteksi mobil yang pernah terlibat kecelakaan. Jay mengaku keengganan untuk membeli mobil bekas banjir ataupun tabrakan bertujuan untuk melindungi konsumen.

Baca juga : Mau Beli Mobil Bekas Banjir, Perhatikan Komponen Ini

Menurut Jay, mobil bekas yang kondisinya kurang baik karena kelalaian perawatan masih bisa ditolerir. Karena masih bisa diperbaiki. Sepanjang pemilik mau melepasnya dengan harga yang lebih murah.

Sejumlah teknisi Mitsubishi Indonesia didampingi petugas Satlantas Polres Metro Jaksel memeriksa Mitsubishi Outlander B 1658 PJE, di Mapolres Metro Jaksel, Senin (26/1/2015). Mobil tersebut adalah mobil yang dikemudikan oleh Christopher Daniel Syarief (22), tersangka kecelakaan maut di Jalan Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Selasa (20/1/2015) pekan laluAlsadad Rudi Sejumlah teknisi Mitsubishi Indonesia didampingi petugas Satlantas Polres Metro Jaksel memeriksa Mitsubishi Outlander B 1658 PJE, di Mapolres Metro Jaksel, Senin (26/1/2015). Mobil tersebut adalah mobil yang dikemudikan oleh Christopher Daniel Syarief (22), tersangka kecelakaan maut di Jalan Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Selasa (20/1/2015) pekan lalu

"Kalau cuma karena lengah barulah kita ambil. Cuma kalau yang bekas insiden tidak pernah," ujar Jay.


Komentar
Close Ads X