Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 25 Juta hingga Rp 80 Juta

Kompas.com - 14/02/2018, 09:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Depok, KOMPAS.com — Mayoritas konsumen mobil bekas adalah mereka yang mencari mobil di bawah harga Rp 120 juta. Setidaknya seperti itulah keterangan lima pengelola diler mobil bekas di Depok dan Jakarta Selatan yang ditemui Kompas.com, Selasa (13/2/2018).

Umumnya mobil yang dibanderol di bawah harga Rp 120 juta adalah mobil yang paling laku dan cepat terjual. Jenis mobil tersebut biasanya adalah mobil yang memang digemari mayoritas masyarakat, seperti mobil multiguna bawah (LMPV) atau mobil lima penumpang yang harganya terjangkau.

Baca juga: Jual Mobil Bekas Modifikasi, Harga Siap-siap Jatuh

LMPV bekas yang biasanya paling banyak dicari adalah duet kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Untuk tahun tertentu, Avanza dan Xenia bahkan ada yang dijual dengan harga Rp 80 juta.

Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil bekas yang dijual di diler Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok, Selasa (13/2/2018).

Ronny Subagja, petugas pemasaran Ciliwung Motor di Kelapa Dua, Depok, mengatakan, Avanza dan Xenia bekas dengan harga Rp 80 juta adalah lansiran 2006 atau 2007. Dengan harga yang sama, mobil lima penumpang yang juga bisa dibeli dengan harga tersebut adalah duet kembar mobil murah Toyota dan Daihatsu, Agya dan Ayla, lansiran 2014 dan 2015.

Bila ingin mencari jenis lain, ada pula mobil bekas hatchback tipe Toyota Yaris, tetapi untuk lansiran tahun 2006.

"Toyota Yaris tahun 2006 bisa Rp 80 juta," kata Jay, penanggung jawab di diler Kara Mobil, Jalan Margonda, Depok.

Harga di Bawah Rp 80 Juta

Bila konsumen masih merasa kemahalan dengan harga Rp 80 juta, diler-diler mobil bekas bisa menawarkan mobil dengan harga di bawahnya. Harga yang ditawarkan bahkan dimulai dari angka Rp 25 juta. Namun, mobil yang ditawarkan adalah produksi lama.

Yang perlu dicatat, mobil ini harus dibeli secara tunai. Sebab, tidak ada perusahaan pembiayaan atau leasing yang mau membantu proses kreditnya.

Diler-diler juga biasanya baru menyediakan stok jika ada pesanan. Sepanjang stok juga tersedia. Karena itu, Kompas.com tidak menemukan keberadaan mobil-mobil tersebut.

Starlet lansiran tahun 1997 yang ikut dalam ajang modifikasi Hot Import Night (HIN) 2015.
Ghulam/Otomania Starlet lansiran tahun 1997 yang ikut dalam ajang modifikasi Hot Import Night (HIN) 2015.

Jay mengatakan, pernah ada calon konsumennya yang hanya mempunyai modal Rp 25 juta. Untuk mengakomodasi konsumen tersebut, Jay menyebut dilernya menawarkan konsumen tersebut Toyota Kijang Rover dan Toyota Starlet lansiran tahun 1999 ke bawah.

Bila ingin sedikit lebih mahal, diler juga bisa menawarkan Toyota Soluna lansiran 2004 seharga Rp 35 juta, ataupun Suzuki Karimun tahun 2004 seharga Rp 50 juta.

"Karena mobil yang kami jual rata-rata 2005 ke atas, mobil yang seperti itu (tua dan murah) baru kita cari kalau ada orderan," kata Jay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com