Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Hajar Lubang di Jalan, “Airbag” Bisa Mengembang

Kompas.com - 08/02/2018, 13:25 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Jalan berlubang yang berada di jalanan, menimbulkan kekhawatiran para pengguna kendaraan. Bukan hanya bisa membahayakan keselamatan, juga beberapa menyebut kalau menghajar lubang menyebabkan beberapa komponen mobil bisa cepat rusak.

Bereksperiman lebih jauh, ada salah satu akun di youtube dikutip dari Carscoops, Kamis (8/2/2018) mempertanyakan, apakah lubang juga bisa membuat airbag mengembang? Ini kemudian diuji oleh Warped Perception menggunakan sedan Mercedes-Benz E-Class W211.

Mobil tesebut kemudian digeber kencang melibas jalanan ektrim Chicago, dengan kondisi permukan jalan yang rusak. Jalanan tersebut bahkan disebut tidak ramah untuk mobil.

Baca juga : Banyak Jalan Berlubang, Potret Buram Sistem Kejar Tayang

Lubang jalan. Kompas. Com/Slamet Priyatin Lubang jalan Pantura Bransong yang dipasangi ban bekas oleh warga. Kompas.Com /Slamet Priyatin Lubang jalan. Kompas. Com/Slamet Priyatin

Pada video berdurasi 7 menit 10 detik, pengetesan dilakukan beberapa kali dengan beragam kecepatan, mulai dari 80kpj pada pengujian pertama, kemudian 72 kpj, ketiga 62kpj dan keempat 56 kpj.

Setelah dua kali tak mengalami apa-apa, kemudian pada tes ketiga yang dilakukan pada 40 mph (62 kpj), curtain airbag mengembang. Pembawa acara dan juga pengemudi menyebut, kalau hal tersebut terjadi ketika upper ball joint di atas roda kiri depan memantul ke arah sasis.

Tampak jelas pada video ketika gambar di perlambat (slow motion). Kemudian airbag yang mengembang juga pada sisi penumpang bukan di bagian pengemudi. Sementara pada pengetesan keempat, dengan kecepatan yang semakin rendah, malah ban mobil sebelah kiri meledak, karena menghantam lubang. 

Berikut videonya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com