Manfaat Wiper Mobil Diangkat saat Parkir - Kompas.com

Manfaat Wiper Mobil Diangkat saat Parkir

Kompas.com - 06/02/2018, 17:42 WIB
Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.

Depok, KOMPAS.com - Meski tidak dianggap salah, mengangkat wiper saat mobil diparkir dinilai tidak berpengaruh terhadap kondisi perangkat yang satu ini. Sebab diangkat atau tidak saat parkir, wiper dianjurkan tetap diganti setiap enam bulan sekali.

Baca juga : Perlukah Mengangkat Wiper Saat Mobil di Parkir?

Namun ada kondisi tertentu di mana wiper berpotensi cepat aus jika dibiarkan menempel di kaca. Saat inilah, wiper sebaiknya diangkat. Tapi kondisi ini pada umumnya jarang dilakukan pemilik mobil.

Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok Deni Andrian mengatakan, kondisi di mana wiper sebaiknya diangkat adalah saat mobil diparkir berhari-hari di tempat terbuka. Deni mencontohkan pengguna mobil yang meninggalkan kendaraannya berhari-hari di area parkir bandara.

"Kalau mobil parkir nginap selama berapa hari di bandara, sebaiknya wiper diangkat. Supaya tidak melengkung," kata Deni saat ditemui Kompas.com, Selasa (6/2/2018).

Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil baru yang diparkir di area terbuka dengan kondisi wiper diangkat.

Menurut Deni, efek panas sinar matahari yang terpapar ke kaca mobil bisa menyebabkan wiper melengkung. Dampak negatifnya adalah hasil basuhan wiper yang kurang bersih.

Namun Deni menekankan bahwa kondisi itu hanya terjadi jika mobil parkir berhari-hari di area terbuka, bukan di parkir tertutup ataupun parkir di area terbuka yang hanya berlangsung sehari. Contohnya pemilik mobil pengguna KRL yang meninggalkan kendaraannya di area parkir stasiun.

"Kalau hanya seharian, dari pagi sampai sore tidak diangkat wipernya tidak masalah," ujar Deni.


EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X