Belum Dihubungi Toyota untuk Ganti "Airbag" Takata? Ini Penjelasannya - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Belum Dihubungi Toyota untuk Ganti "Airbag" Takata? Ini Penjelasannya

Dimas Wahyu
Kompas.com - 07/12/2017, 09:12 WIB
Komponen baru airbag Takata di Toyota yang merupakan suku cadang pengganti di tengah bermunculannya kasus lontaran serpihan logam saat perangkat tersebut mengembang.Dimas Wahyu Komponen baru airbag Takata di Toyota yang merupakan suku cadang pengganti di tengah bermunculannya kasus lontaran serpihan logam saat perangkat tersebut mengembang.

 KOMPAS.com - Lontaran pecahan logam dari airbag Takata yang membahayakan telah memicu langkah protektif dari sejumlah pihak secara global.

Sejumlah merek mobil terdata dinyatakan perlu penggantian komponen airbag, mulai dari Mercedes-Benz, BMW, Honda, Toyota, Ford, Jeep, hingga Ferrari.

Di Indonesia, PT Toyota Astra Motor mengadakan langkah protektif dengan mengadakan kampanye program gratis Toyota Campaign 3P (Pastikan, Periksa, Perbaiki).

Baca: Perlu Tahu, Takata Suplai Airbag Honda, Toyota, Mercy, sampai Ferrari

Toyota kemudian coba menghubungi para pengguna berdasarkan daftar nomor kontak yang diperoleh berdasarkan data pembelian ataupun servis di bengkel resmi.

Yang mungkin jadi pertanyaan, kenapa setelah program ini berjalan, konsumen belum juga dihubungi?

Hal tersebut dijelaskan oleh Iwan Abdurahman, Workshop Department Head, Technical Service Division Toyota Astra Motor.

“Misalnya begini, pas dihubungi, mereka bilang, ‘Waduh mobilnya sudah saya jual’. Kami tanya, ‘Ke mana Pak, bisa dapat nomornya?’ ‘Waduh saya enggak tanya.’ Nah, yang sepert ini putus nih,” kata Iwan.

Ia lalu melanjutkan bahwa mungkin juga mobil tersebut dibeli atau tercatat servis di bengkel resmi Toyota tetapi kemudian digunakan oleh anggota keluarga.

“Mungkin ‘wah yang pakai biasanya anak saya’. Atau mungkin beli di Jakarta, dikasih ke orangtuanya di Jawa Tengah. Kalau di Jawa Tengah, kami kontak Nasmoco. Akhirnya diperbaiki di sana. Ada juga yang beli tangan kedua lalu tidak servis di bengkel resmi sehingga tidak terdata,” ujarnya.

Hal-hal seperti di ataslah yang kemudian membuat konsumen tidak kunjung dihubungi dan mendapatkan layanan gratis penggantian airbag ini.

Baca: Mau Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota? Begini Prosesnya...

Toyota Astra Motor sendiri menyediakan halaman pengecekan secara online untuk mengetahui apakah mobil perlu penggantian komponen airbag. Halaman pengecekan itu beralamat di www.toyota.astra.co.id/ssc.

Baca: Soal "Airbag" Takata, Pengguna Toyota Bisa Cek di Laman Ini

Pemakai Toyota juga juga bisa menghubungi bagian pengecekan di nomor 1-500-315.

Baca: Gratis Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota, Paling Lama 3,5 Jam

Penggantian komponen airbag ini sendiri berlaku untuk 97.978 mobil Toyota. Angka tersebut merupakan data terbaru dari informasi sebelumnya, yakni sebanyak 40.280 unit.

Data ini sesuai dengan yang diberikan oleh Takata selaku produsen komponen airbag. Di Indonesia, jumlah itu terbagi untuk Alphard produksi tahun 2010-2012, NAV1 (2012), Camry (2002-2004), Corolla (2001-2012), Vios (2006-2012), dan Yaris (2006-2012).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDimas Wahyu
EditorDimas Wahyu
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM