Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TAM Belum Pernah Terima Laporan Insiden "Airbag" Takata

Kompas.com - 20/12/2017, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) sedang menjalankan program special service campaign (SSC) pada beberapa model, karena mengalami masalah inflator airbag Takata. Kantung udara itu berpotensi meledak dengan kekuatan berlebih.

Otomatis akan membahayakan pengguna mobil tersebut. Model yang bermasalah, seperti Corolla lansiran 2001 hingga 2012, Alphard 2010-2012, Camry 2002-2004, NAV1 2012, Vios 2006-2012, dan Yaris 2006-2012.

Sebenarnya, kampanye perbaikan massal itu bukan hanya di Indonesia, tetapi secata global. Model di atas juga tidak semua, TAM akan menghubungi konsumen yang mobilnya bermasalah.

Lantas, apakah sudah ada konsumen TAM yang mengalami insiden atau luka karena kasus tersebut?

Baca juga: Gratis Penggantian "Airbag" Takata di Bengkel Toyota

Berdasarkan data yang diperoleh KompasOtomotif, sejauh kampanye ini dimulai, tidak ada insiden atau konsumen mengalami luka. Bahkan, sudah menawarkan kepada seluruh pemilik mobil yang bersangkutan untuk segera memperbaiki ke bengkel resmi.

Namun, apabila nanti permasalahan itu muncul, TAM sebagai agen pemegang merek (APM) akan melakukan investigasi.

Bagian airbag mobil Toyota Astra Motor yang diganti dalam kampanye perbaikan dunia untuk produk Takata.Dimas Wahyu Bagian airbag mobil Toyota Astra Motor yang diganti dalam kampanye perbaikan dunia untuk produk Takata.

Akibat masalah ini, TAM harus memperbaiki 97.000 unit dari berbagai model. Data terakhir per 15 Desember 2017, baru 8.553 unit yang telah diperbaiki.

Konsumen yang bersangkutan disarankan untuk segera datang ke bengkel resmi Toyota untuk memperbaiki inflator airbag Takata. Pemilik mobil tidak akan dipungut biaya dalam hal pergantian ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com