Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Diler Kawal Populasi Mitsubishi di Yogyakarta

Kompas.com - 09/12/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Yogyakarta, KompasOtomotif – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi perkenalkan dealer terbarunya di Jalan Magelang, Yogyakarta atas kerjasama dengan DETA Group. Ini merupakan diler ketiga Mitsubishi di Kota Pelajar tersebut.

Lantas apakah tiga diler cukup untuk menangani pasar Mitsubishi yang disebut bakal berkembang, terutama setelah  kemunculan Xpander. Amiruddin, Head of Sales & Marketing Region 2 Department PT MMKSI mengatakan, kalau soal jumlah diler pihaknya akan melakukan studi secara berkelanjutan.

“Pada awalnya di 2014 kami hanya memiliki satu outlet mobil penumpang dengan aktivitas penjualan saja. Lalu beberapa waktu lalu kami menambah satu outlet lagi di Jalan Kolonel Sugiono dan di sini di Jalan Magelang,” tutur Amir saat ditanyakan KompasOtomotif, Jumat (8/12/2017).

“Sampai saat ini, kami belum kepikiran untuk mengembangkan dealer lagi. Kami juga memerhatikan kondisi distribusi area yang ada sekarang ini, jumlah tiga diler itu akan menopang wilayah kota Yogyakarta,” ujar Amir.

Baca juga : Warga Yogyakarta Makin Mudah Cari Xpander

Mitsubishi Xpander di Kelok Sembilan, Sumatera BaratAzwar Ferdian/KompasOtomotif Mitsubishi Xpander di Kelok Sembilan, Sumatera Barat

Soal potensi secara total pasar, Yogyakarta merupakan kota dengan kontribusi penjualan kendaraan penumpang terbesar kedua setelah Semarang di wilayah Jawa Tengah, dengan rata-rata per bulan mencapai 1.290 unit. Angka tersebut tumbuh sebesar 11,5 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Untuk pasar Mitsubishi sendiri, sepanjang 2017 periode Januari sampai Oktober 2017 penjualannya di Yogyakarta masih berada di bawah 40 unit. Pangsa pasarnya sampai saat ini sekitar 2 persen, hitungan ini belum termasuk Xpander.

Area Karesidenan

Amir menambahkan, meski belum berencana untuk meningkatkan jumlah dealer di Yogyakarta, mereka bertekad untuk terus mendekat ke konsumen bahkan sampai ke karesidenan atau kabupaten. Khususnya di area Jawa Tengah, dua dealer akan resmi dibuka.

“Ke depannya di Jateng kami sedang membangun di beberapa area yang memang belum ada jaringan penjualan mobil penumpangnya. Tidak lama lafi kami akan resmikan dealer baru di Tegal dan Boyolali, jadi distribusi area di karesidenan akan lebih lengkap lagi,” ucap Amir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com