Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Mitsubishi Dites Menperin Akhir Tahun

Kompas.com - 01/12/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kementerian Perindustrian akhirnya bakal mengetes dua kendaraan listrik milik Mitsubishi akhir Desember 2017. Merek berlambang tiga berlian itu memang berencana untuk memberikan 10 unit mobil listrik kepada pemerintah.

Pemberian ini disebut untuk mendukung riset lebih jauh mengenai regulasi yang akan terbit, menyoal kendaraan “hijau” di Indonesia. Sebelumnya Airlangga sudah bertemu dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko di Tokyo, Oktober 2017 lalu.

“Kami berharap regulasi dan fasilitasnya akan keluar pada awal tahun depan. Sehingga insentif untuk mobil listrik ini akan dipacu," ujar Airlangga dalam siaran resminya, Selasa (28/11/2017).

Airlangga menuturkan, pemerintah sedang mengkaji strategi pengembangan kendaraan listrik, yang akan diproduksi oleh industri otomotif di Tanah Air. Salah satu rencananya, menurunkan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kendaraan yang ramah lingkungan, termasuk mobil hybrid, listrik, atau semacamnya.

Baca juga : Mitsubishi Mulai Lobi Pemerintah buat Mobil Listrik

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua III GAIKINDO Rizwan Alamsjah (kanan) di sela-sela kunjungannya ke pabrik Mitsubishi Motors Okazaki di Prefektur Aichi, Jepang 19 Oktober 2017.Istimewa Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua III GAIKINDO Rizwan Alamsjah (kanan) di sela-sela kunjungannya ke pabrik Mitsubishi Motors Okazaki di Prefektur Aichi, Jepang 19 Oktober 2017.

Jenis alat trasnportasi tersebut, akan masuk dalam program pemerintah guna mendorong produksi kendaraan beremisi karbon rendah atau low carbon emission vehicle (LCEV). Kemudian, diversifikasi BBM ke arah bahan bakar gas, bahan bakar nabati, atau tenaga listrik, juga mampu menghasilkan manfaat ekonomi secara inklusif.

Pemerintah menargetkan pada tahun 2025, sekitar 25 persen atau 400.000 unit kendaraan LCEV sudah masuk pasar dalam negeri. Sejumlah produsen telah menyiapkan produknya untuk dipasarkan.

Mulai dari PT Nissan Motor Indonesia yang telah menghadirkan Note e-Power kemudian, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales, dan BMW Indonesia. Beberapa model bahkan mulai dipasarkan, seperti BMW i8, Toyota Camry hibrida, dan Alphard hibrida, serta Suzuki Ertiga hibrida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com