Butuh Modal Berapa untuk Beli Perlengkapan Balap? - Kompas.com

Butuh Modal Berapa untuk Beli Perlengkapan Balap?

Alsadad Rudi
Kompas.com - 02/12/2017, 12:02 WIB
Perlengkapan balap yang terdiri atas wearpack, sepatu dan sarung tangan.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Perlengkapan balap yang terdiri atas wearpack, sepatu dan sarung tangan.

Jakarta, Kompasotomotif - Sekolah balap kini tidak hanya membuka kesempatan bagi para anak muda yang punya cita-cita jadi pebalap. Karena kalangan umum semua usia yang punya ketertarikan yang sama juga bisa dilatih.

Syaratnya hanya perlu menyiapkan sejumlah uang yang digunakan untuk biaya sewa motor, sewa sirkuit, dan akomodasi. Selain itu,syarat lain untuk bisa ikut dalam pelatihan balap adalah memiliki perlengkapan balap. Sekolah balap tidak menyediakan ataupun menyewakan perlengkapan ini. Sehingga calon peserta harus menyiapkannya sendiri.

Perlengkapan balap terdiri atas helm, wearpack, sarung tangan dan sepatu. Tidak ada kisaran harga yang pasti untuk keempat jenis perlengkapan ini. Karena semua tergantung merek dan model yang menyesuaikan dengan selera dan kantong calon pembeli.

 Baca juga : Siapkan Uang dan Rasakan Sensasi Jadi Pebalap di Sirkuit

Helm KYT Aleix EspargaroStanly/Otomania Helm KYT Aleix Espargaro

Untuk helm, sekolah balap hanya mensyaratkan jenis yang digunakan harus full face. Di tempat-tempat penjualan helm, harga helm full face sangat bervariasi tergantung merek.

Untuk helm-helm full face merek KYT biasa dibanderol dari mulai harga Rp 350.000 hingga Rp 500.000. KYT sendiri merupakan merek lokal.

Bila calon pembeli lebih menyenangi merek luar negeri, tersedia Nolan yang harganya kini ada pada kisaran Rp 2,5 juta hingga hampir Rp 4 juta. Selain Nolan, ada juga AGV yang berada pada kisaran harga yang nyaris sama.

Jenis wearpack yang standar digunakan untuk balapan motor.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Jenis wearpack yang standar digunakan untuk balapan motor.

Sedangkan untuk wearpack, sekolah balap mensyaratkan model one piece. Ini adalah model yang lazim dipakai para pebalap MotoGP hingga road race.

Wearpack lokal yang harganya relatif terjangkau adalah merek AHRS. Bila menyambangi racing shop AHRS, akan mudah ditemui wearpack dari mulai yang dijual dengan harga Rp 650.000, Rp 850.000 hingga yang paling mahal Rp 900.000. Bila calon pembeli lebih menyukai merek impor, ada Alpinestar yang dijual pada kisaran harga Rp 1,3 juta hingga Rp 1,8 juta.

Setelah helm dan wearpack, perlengkapan lainnya yang tak boleh ketinggalan adalah sarung tangan. Sarung tangan yang standar balap biasa panjangnya menutupi hingga melewati pergelangan tangan. Pada bagian jari dan kepalan terdapat pelindung. Harga sarung tangan model ini biasanya dijual dari mulai Rp 500.000 hingga Rp 1 juta.

Jenis sarung tangan yang standar digunakan untuk balap motor.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Jenis sarung tangan yang standar digunakan untuk balap motor.

Perlengkapan terakhir yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti pelatihan balap adalah sepatu. Sepatu balap biasanya terdiri atas dua jenis, yakni model tinggi dan model rendah. Sekolah balap tidak mengharuskan penggunaaan salah satu jenis. Model apapun diperkenankan untuk dipakai, sepanjang menutupi mata kaki.

Seperti perlengkapan lainnya, harga sepatu balap juga bervariasi tergantung merek. Untuk sepatu balap model rendah biasanya dijual pada kisaran harga Rp 600 ribu hingga Rp 1,5 juta. Sedangkan model tinggi dijual pada kisaran harga Rp 2 juta hingga Rp 4 juta.

Seluruh perlengkapan dengan harga yang tercantum di atas sudah sesuai dengan model standar yang ditetapkan oleh sekolah balap.

Salah satu jenis sepatu balap dengan model rendah.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu jenis sepatu balap dengan model rendah.

PenulisAlsadad Rudi
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM