Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standar Perlengkapan untuk Ikut Kursus Balap Motor

Kompas.com - 29/11/2017, 16:42 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sekolah balap "43 Racing School" membuka kesempatan bagi siapa saja untuk ikut kursus balap. Selain disediakan motor dan mess untuk menginap selama pelatihan, peserta juga akan diberikan piagam dan dokumentasi foto dan video, termasuk saat beraksi di sirkuit.

Namun 43 Racing School tidak menyediakan perlengkapan balap untuk peserta pelatihan. Mereka juga tidak menyewa ataupun menjualnya. Sehingga peserta harus menyediakan sendiri perlengkapan balapnya.

Perlengkapan balap terdiri atas helm, wearpack, sarung tangan, dan sepatu. Ada kriteria tertentu untuk jenis perlengkapan yang boleh digunakan saat pelatihan.

Baju balap khusus yang akan dipakai Valentino Rossi di Mugello.motorcycle Baju balap khusus yang akan dipakai Valentino Rossi di Mugello.

Muhammad Chrysa, asisten dari pendiri 43 Racing School Muhammad Fadly Immamuddin, mengatakan tidak semua helm, wearpack, sarung tangan, dan sepatu boleh digunakan untuk pelatihan balap. Karena model yang boleh digunakan hanyalah yang lazim digunakan oleh pebalap.

Untuk helm, jenis yang boleh digunakan hanyalah yang menutupi seluruh wajah atau full face. Tidak ada kriteria harga maupun merek tertentu.

Sedangkan untuk wearpack peserta diwajibkan menggunakan model one piece, yakni model di mana bagian atasan langsung menyatu dengan bawahan.

"Tidak disarankan menggunakan tipe two piece," kata Chrysa kepada KompasOtomotif, Rabu (29/11/2017).

Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motorAditya Maulana, KompasOtomotif Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motor

Untuk sarung tangan, peserta wajib menggunakan model yang menutup hingga melewati pergelangan tangan.

Sedangkan sepatu, 43 Racing School membebaskan peserta untuk menggunakan sepatu model tinggi maupun rendah.

"Sepanjang sepatunya minimal menutupi mata kaki," ucap Chrysa.

Perlengkapan balap impor merek Alpinestar yang didistribusikan oleh AHRSKompas.com/Alsadad Rudi Perlengkapan balap impor merek Alpinestar yang didistribusikan oleh AHRS

Helm baru Valentino Rossi yang terinspirasi seni Meksikomotorsport.com Helm baru Valentino Rossi yang terinspirasi seni Meksiko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com